Bawang HItam

Sholat Sebagai Terapi Kesehatan

Black Garlic
Black Garlic

Sholat merupakan salah satu kewwajiban bagi umat muslim. Sholat menjadi aktivitas yang melibatkan segala bentuk gerak tubuh. Bahkan bisa dibilang sholat menjadi salah satu ritual agama yang terkandung nilai-nilai olahraga dan olah tubuh yang sangat baik. Mulai dari kepala hingga kaki bergerak dengan koordinasi yang baik. bahkan menurut beberapa penelitian memang sholat merupakan sebuah aktivitas yang mampu menyrhatkan bagi tubuh kita. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai manfaat yang kita peroleh dalam setiap gerakan sholat, yakni :

  1. Saat Takbiratul ikhram

Gerakan yang dilakukan saat takbir ini adalah mengangkat kedua tangan. Dalam gerakan ini ada beberapa otot sekitar anggota gerak atas akan menjadi kuat. Otot-otot tersebut diantaranya otot-otot diantara tulang dada, otot-otot di sekeliling lengan atas, otot-otot di tangan. Dengan hal ini sirkulasi darah serta peredaran darah yang ada di daerah tangan dan sekitarnya akan menjadi lancar.

Bukan hanya itu bagi anda para kaum muda jika ingin membentuk lengan maka gerakan takbiratul ikhram ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkannya. Gerakan tangan ini juga membantu kita dalam menguatkaan dan menyeimbangkan kekuatan kedua tangan, karena pada kehidupan nyata tangan kita menjadi organ yang paling sering kita gunakan, untuk itu dengan gerakan takbir ini bisa membantu kita menguatkan tangan kita.

  1. Saat ruku

Gerakan selanjutnya yakni rukuk, tubuh membentuk sudut 90 derajat, badan bungkuk hingga terbentuk sudut tersebut. Gerakan ini memiliki manfaat untuk menguatkan otot-otot dan sendi sekitar pinggul, paha.  Bukan hanya itu tulang belakang kita akan menjadi lebih elastis ketika kita melakukan gerakan rukuk ini, hal ini mampu menjauhkan kita dari bungkuk atau gangguan tulang belakang lainnya.

Selain itu gerakan rukuk ini juga mmebuat paru-paru bisa bekerja dengan maksimal tanpa ada sebuah gangguan, rukuk mampu menstimulus kinerja paru-paru serta memnjadikan tulang dada semakin elastis dalam proses respirasi. Dan yang terakhir gerakan rukuk ini akan melancarkan sirkulasi darah sehingga kita tidak gampang terkena penyakit.

  1. Saat sujud

Gerakan sujud dalam sholat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Dengan menundukkan kepala di dasar atau di lantai dan menekan bumi dengan kedua telapak tangan, maka secara tidak sadar sirkulasi darah kita menjadi lancar. Bukan hanya itu dengan sujud akan terjadi suplai darah ke otak. Dengan suplai teratur tersebut maka kerja otakpun akan maksimal, bukan hanya itu dengan kepala dibawah maka tidak akan terjadi penggumpalan darah dalam kepala.

Bukan hanya itu ternyata posisi saat sujud membuat tulang belakang menjadi lentur dan elastis. Selain itu sujud akan menstimulus skinerja paru-paru dan kinerja tulang dada. Untuk pembuangan udara kotor diatur sedemikian rupa oleh paru-paru sehingga respirasipun akan menjadi semakin lancar. Dan yang terakhir ternyata sujud waktu sholat itu bisa memperlancar pencernaan kita, karena saat sujud perut mengerut dan akan mengaktifkan kinerja sistem-sistem pencernaan secara maksimal.

  1. Saat duduk

Gerakan selanjutnya yakni duduk, duduk saat sholat berbeda dengan duduk-duduk lainnya. Duduk dalam sholat memiliki banyak manfaatnya antara lain ketika duduk otot-otot pergelangan kaki akan semakin kita, selain itu duduk dalam sholat ini juga membiasakan kita untuk tegak dan tidak membungkuk. Hal ini tentu baik untuk usia mudah maupun yang lanjut dengan gerakan sholat ini kesehatan kita akan terjamin.

Bukan hanya itu posisi duduk saat sholat cenderung menekan betis dengan berat badan yang kita miliki. Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi darah, dengan tertekannya betis maka peredaran darah pun akan terdorong dan hal inilah yang men jadikan sirkulasi darah lancar. Bukan hanya itu posisi duduk ini juga melindungi serta menguatkan lutut kita.

  1. Saat salam

Gerakan terakhir yang ada dalam sholat yakni gerakan salam. Salam ini dilakukan untuk mengakhiri sholat dengan menoleh ke kanan dan ke kiri. Mungkin anda banyak yang mengira apa sih manfaatnya menoleh. Perlu anda ketahui gerakan salam ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, antara lain mencegah kram pada leher dan lebih melenturkan otot-otot leher.

Selain itu dengan gerakan menoleh kanan dan kiri mampu meremajakan kulit wajah, mungkin kulit wajah yang keras dan berkerut bisa tertarik dan kesat tidak longgar lagi dengan gerakan salam ini. Perlu diingat dalam leher kita terdapat pembuluh nadi aktif, dimana dengan gerakan salam ini mampu menjaga kinerja pembuluh nadi ini sehingga aliran dan sirkulasi darahpun tetap terjaga dengan baik.

Inilah alasan yang menjadikan sholat menjadi terapi kesehataan bagi setiap orang yang melaksanaknnya. Secara tidak sadar tulang, otot, peredaran darah kita menjadi lancar dan secara otomatis kesehatan kita terjaga dengan baik. sholat bagaikan terapi kesehatan alami yang hasilnya sudah pasti baik karena gerakan dalam sholat teratur dan dilakukan secara terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *