Sangat Ajaib! Inilah 8 Khasiat Bawang Putih Untuk Kulit Manusia

Khasiat Bawang Putih Untuk Kulit ManusiaKulit merupakan bagian tubuh manusia yang paling luar. Menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang harus selalu diperhatikan mengingat kulit dapat dilihat oleh semua orang, terutama kulit wajah. Akan tetapi, kadang bagian kulit mengalami gangguan baik yang disebabkan oleh udara yang kotor, penyakit atau alergi. Bahan dapur seperti bawang putih ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit manusia. Bagaimanakah khasiat bawang putih untuk kulit? Berikut ini akan dijelaskan beberapa khasiat bawang putih untuk kulit manusia.

Sekilas Tentang Bawang Putih

Bawang putih atau yang dikenal dengan nama ilmiah Allium Sativum L ini merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada di sebagian masakan ala Indonesia. Bawang putih mengandung berbagai macam zat seperti zat allin, vitami B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat hingga anti oksidan.

Masing – masing zat yang terkandung di dalam setiap bawang putih ini memiliki manfaat dan fungsi masing – masing untuk kesehatan tubuh, pengobatan dan perawatan kulit. Di dalam setiap bawang putih juga terkandung senyawa alil yang berfungsi merangsang pembentukan sel – sel baru dalam tubuh. Berikut ini beberapa khasiat bawang putih untuk kulit manusia.

Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Kulit

Bagi dunia kuliner, biasanya bawang putih lebih digunakan untuk bumbu dasar masakan. Ternyata di dalam dunia kesehatan, bawang putih memiliki fungsi sebagai bahan perawatan kulit. Beberapa khasiat bawang putih untuk kulit, yaitu:

1.      Mengobati Gangguan Atau Penyakit Kulit

Letak kulit yang berada pada bagian terluar tubuh membuatnya rawan akan goresan atau penyakit. Beberapa jenis penyakit kulit yang seringkali menyerang yaitu jamur, panu, kadas, kurap hingga kutu air. Penyakit kulit yang menyerang manusia sringkali diakibatkan oleh alergi terhadap udara kotor, debu yang beterbangan, genangan air hingga gigitan nyamuk. Memanfaatkan bawang putih untuk mengobati kulit cukup mudah. Pertama anda hanya perlu memilih bawang putih kualitas bagus lalu mengupasnya dan memotong menjadi dua bagian. Setelah itu, anda hanya perlu menggosk – gosokkan bawang putih yang telah dipotong pada bagian kulit yang terkena penyakit. Lakukanlah terapi bawang putih ini secara rutin hingga penyakit kulit yang menyerang sembuh.

Kandungan bawang putih yang bekerja dalam mengobati penyakit kulit adalah zat potasium yang notabene mampu mematikan kuman penyebab penyakit kulit. Vitamin C membantu sel – sel kulit beregenerasi menjadi sel – sel kulit baru.

2.      Mengobati Jerawat Di Wajah

Khasiat bawang putih untuk kulit selanjutnya yaitu membantu menghilangkan jerawat pada wajah. Persoalan jerawat memang merupakan persoalan yang cukup mengkhawatirkan bagi setiap orang terutama kaum wanita. Jerawat yang meradang kadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan minder. Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang timbul di wajah. Kandungan zat antioksidan di dalam bawang putih mampu membunuh kuman – kuman penyebab jerawat.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat yaitu dengan menghaluskan bawang putih kemudian mengolsekannya pada bagian wajah yang terkena jerawat. Selain itu, anda juga dapat mengiris bawang secara tipis kemudian menempelkannya pada jerawat yang meradang. Lakukanlah terapi ini tiga kali dalam satu minggu secara rutin. Jangan lupa untuk membershkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bawang putih pada jerawat.

Bagi anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat mebandel, maka apliaksikan irisan bawang putih pada wajah dan diamkan selama satu malam. Lakukanlah terapi ini selama beberapa kali secara rutin hingga bekas jerawat memudar dan menghilang.

3.      Mengangkat Sel – Sel Kulit Yang Telah Mati

Sel – sel kulit yang telah mati memang perlu dibuang agar tidak menyebabkan jerawat atau penyumbatan pori – pori. Mengangkat sel – sel kulit mati tidak harus dilakukan pada salon atau skincare. Menggunakan bahan alami seperti bawang putih ternyata juga mampu mengangkat sel – sel kulit yang telah mati.

Caranya yaitu dengan mememarkan atau menghaluskan bawnag putih yang telah dikupas. Setelah itu anda dapat mencampurnya dengan madu kemudian mengaplikasikannya sebagai masker pada wajah. Tunggulah masker bawang putih tersebut meresap selama beberapa menit. Setelah kurang lebih setengah jam, anda dapat mencuci muka dengan menggunakan air hangat.

4.      Menghilangkan Komedo Pada Wajah

Khasiat bawang putih untuk kulit lainnya adalah untuk mengangkat komedo yang meradang pada wajah. Bagi sebagian orang komedo pada wajah membuat wajah menjadi kusa dan terkesan kotor. Bawang putih mengandung beberapa zat yang berfungsi membersihkan pori – pori kulit dari komedo. Caranya yaitu dengan menghaluskan bawang putih kemudian mengaplikasikannya pada bagian wajah yang rawan komedo. Setelah itu diamkan selama lima belas hingga dua puluh menit. Setelah dua puluh menit, bersihkan sisa – sisa masker bawang putih menggunakan air hangat lalu membilasnya lagi dengan menggunakan air dingin agar pori – pori tertutup kembali.

5.      Mampu Menghilangkan Kutil

Penyumbatan pori – pori pada kulit dapat menyebabkan kutil. Kutil yang menyerang apalagi di bagian wajah akan meresahkan penderitanya. Bawang putih dapat bermanfaat juga untuk menghilangkan kutil. Caranya yaitu dengan mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada kutil dan menahannya menggunakan perban atau plester. Diamkan selama satu jam agar kutil kering dan menghitam. Biasanya keesokan harinya kutil akan mengeras dan hilang dengan sendirinya.

6.      Mampu Meregenerasi Sel – Sel Kulit Dan Menghambat Penuaan Dini

Bawang putih mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk membantu regenerasi sel kulit dan memperkecil pori – pori pada wajah. Bagi anda yang ingin memiliki kulit yang segar dan sehat, maka hendaknya melakukan perawatan bawang putih secara rutin.

7.      Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus dan lembab merupakan impian bagi sebagian besar orang. Bawang putih juga mampu menghaluskan seluruh bagian kulit tidak hanya wajah saja. Bagi anda yang ingin menghaluskan kulit badan, dapat membuat lulur dari bawang putih.

Caranya yaitu dengan mengaluskan bawang putih yang telah dikupas lalu menggosokkannya pada badan secara rutin. Lakukanlah lulur bawang putih ini secara rutin. Setelah itu anda dapat membilasnya dengan menggunakan sabun yang wangi agar bau bawang yang menyengat dapat hilang dari kulit.

8.      Mampu Menghilangkan Bekas Luka

Luka dapat terjadi karena jatuh atau tergores benda tajam. Kadang ada luka yang hilang hingga ke bekasnya, namun ada juga luka yang meninggalkan bekas yang cukup membandel. Salah satu cara menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan bawang putih.

Anda hanya perlu menggosokkan bawang putih yang telah dikupas pada bekas luka secara rutin. Zat – zat pada bawang putih ini nantinya akan mampu mengangkat sel – sel kulit yang telah mati sehingga bekas luka akan menghilang dengan sendirinya.

Banyak bukti yang mendukung bahwa bawang putih memang memiliki berbagai khasiat untuk merawat kesehatan kulit. Khasiat bawang putih untuk kulit mulai dari menghilangkan jerawat, menghilangkan komedo hingga menghaluskan kulit wajah dan badan. Semoga uraian mengenai khasiat yang diberikan oleh bawang putih untuk kulit dapat memberikan manfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *