bawang hitam

Penyakit Kanker dan Black Garlic tau Black Garlic

Black Garlic
Black Garlic

Jika kita mendengar kata kanker, selalu identic dengan stadium, kemoterapi, operasi, dsb. Dimana hal-hal tersebut tidaklah diharapkan terjadi baik pada diri sendiri maupun orang tersayang disekitar kita. Sebab fakta yang banyak terlihat, sebagian besar pengidap penyakit kanker ini berakhir dengan kematian.

Penyakit kanker jika pertama kali ditemukan sudah di stadium akhir, maka akan lebih sulit pengobatan juga sedikit harapan untuk sembuh. Oleh karena itu, kita hindari penyebab penyakit kanker mulai dari sekarang. Dan sangat penting juga untuk mengenali sejak dini tanda-tanda penyakit ini. Sehingga ketika ada yang terasa aneh atau tidak biasa pada tubuh kita, bisa langsung diperiksakan ke dokter. Pemerikasaan dini yang sejak awal sudah ditangani akan lebih mudah proses penyembuhannya.

penyakit kanker adalah sel ganas yang tumbuh tidak terkontrol, menyerang jaringan yang menjadi inang pertumbuhannya juga dapat bertransmigrasi ke jaringan lain yang disebut metastasis.

Berikut tanda-tanda penyakit kanker yang mungkin tumbuh di seluruh bagian tubuh kita :

a. Perubahan pada kulit
Berikut spesifikasi perubahan pada kulit tersebut :

1. Benjolan kulit yang tidak kunjung hilang
2. Pertumbuhan rambut yang berlebihan
3. Perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat
4. Hiperpigmentasi atau warna kulit menjadi lebih gelap.
5. Kulit dan mata menjadi kekuningan.
6. Eriterma atau kulit berwarna kemerahan.
7. Gatal-gatal.
8. Kulit memar tanpa sebab yang jelas.

b. Perubahan pada payudara
Meskipun kanker payudara identic dengan wanita, namun menurut penelitian WHO terdapat sekitar satu persen pria juga bisa terserang penyakit kanker payudara. Dan dibawah ini gejala lain yang mungkin timbul :

1. Terdapat benjolan pada payudara
2. Puting yang melesak.
3. Kulit payudara berkerut atau kemerahan.
4. Adanya cairan yang keluar dari puting.

c. Perut kembung
Gejala ini jika terjadi terus menerus dan diiringi dengan pendarahan lewat vagina, maka terdapat kemungkinan anda mengidap penyakit kanker rahim, kanker perut, atau kanker ovarium.

d. Rasa sakit saat menelan
Hal ini memang biasa kita rasakan saat batuk atau flu, namun rasa sakit ini akan menjadi gejala kanker jika diiringi dengan muntah, penurunan berat badan, dan suara menjadi serak. gejala tersebut dialami oleh penderita kanker tenggorokan dan kanker perut.

e. Berat badan turun secara drastis
Ketika berat badan anda turun drastis tanpa ada sebab atau usaha sebelumnya sekitar lebih dari 4,5 kilogram, perlu dicurigai sebagai gejala dari penyakit kanker pancreas, kanker perut, dan kanker paru-paru

f. Nyeri ulu hati
Ulu hati adalah bagian di tengah antara dada dan perut, jika mengalami nyeri yang tidak kunjung reda bisa berarti itu gejala kanker ovarium, kanker perut, atau kanker tenggorokan

g. Perubahan pada Mulut
Perubahan terjadi berupa bercak berwarna putih atau merah cerah di dalam mulut dan lidah. Hal tersebut adalah iritasi masa prakanker yang disebut leukoplakia yang banyak terjadi pada perokok berat
Penyebab

Terdapat beberapa penyebab kanker yang dapat dibagi dua kelompok besar. Yaitu factor eksternal adalah karsinogen, zat yang menyebabkan atau mendorong tumbuhnya penyakit kanker. Factor internal yaitu factor keturunan terdapat pada kanker payudara dan kanker mata. Karsinogen sendiri terdiri dari beberapa macam diantaranya, karsinogen fisik berupa radiasi ultraviolet dan radiasi ionisasi. Karsinogen kimiawi berupa asbestos dan asap tembakau. Karsinogen biologis seperti virus, bakteri, parasit, dan mikotoksin.

Cara mencegah
1. Menjaga kesehatan sejak dini
Sebab kanker tidak terjadi cepat dan mudah disembuhkan seperti penyakit demam, pusing, pilek, dsb. Kanker tumbuh perlahan diawali dari menabung karsinogen saat masih usia muda dalam tubuh sampai menjadi kanker dan semakin parah di usia tua.

2. Menghindari dan mengurangi kebiasaan merokok, alcohol, dan narkoba
Rokok, alcohol, dan narkoba adalah 3 hal yang menyebabkan orang kecanduan jika sudah mengkonsumsinya. Sedangkan konsumsi berlebihan dari 3 hal tersebut dapat menjadi bibit awal pertumbuhan kanker.

3. Hindari diet ketat tidak memperhatikan gizi

Jika tubuh kita menerima asupan serat dengan jumlah rendah mak, akan meningkatkan resiko terkena kanker usus besar

4. Gaya hidup sehat
Kanker adalah penyakit yang banyak menjangkit masyarakat kota atau daerah industry. Karena gaya hidup orang strata atas yang memang kurang memperhatikan gizi dan kebersihan dalam hal makanan dan kurang sehat dan alami dalam hal lingkungan sekitar rumahnya.

5. Tingkatkan intensitas olahraga
Banyak bergerak atau sering melakukan olahraga akan mengurangi resiko terkena kanker. Sebab olahraga dapat meningkatkan system imun atau kekebalan tubuh kita. juga membakar lemak jahat yang dapat menyebabkan obesitas dan kanker.

6. Pendidikan
Tingkat pendidikan juga mempengaruhi besar kecilnya resiko kita terjangkit kanker. Sebab jika seseorang berpendidikan maka, bisa dipastikan dia sedikit banyak memiliki pengetahuan seputar kanker ini. Yang dilanjutkan dengan tindakan pencegahan atau penyembuhan sesuai pengetahuan yang dimilikinya.

7. Menyesuaikan lingkungan
Maksudnya jika anda memang berada di lingkungan yang kurang sehat, maka lebihkan penjagaan kesehatan tubuh sesuai lingkungan tersebut. Atau bisa juga anda memilih solusi untuk pindah dari tempat tersebut.

Cara mengobati
Pengobatan kanker dilakukan sesuai dengan hasil pemeriksaan dimana letak kanker dan berapa stadium yang sedang dialami. Pengobatan dilakukan dalam hal bertahap dan jika sudah di stadium yang tinggi, pengobatan bisa dilakukan seumur hidup. Sebab kanker yang sudah hilang atau diangkat tidak menutup kemungkinan untuk tumbuh kembali.

Metode pengobatan kanker dalam dunia medis
1. Pengobatan kanker secara operasi atau pembedahan.
2. Pengobatan kanker melalui Radioterapi
3. Mengobati kanker melalui Kemoterapi
4. Terapi Imunoterapi
5. Terapi Gen

Selain melalui jalan medis, dapat pula dibantu dengan pengobatan herbal. Sehingga pengobatan dapat dilakukan lebih intensif dan maksimal

Pengobatan herbal untuk kanker :
1. Tapak dara
2. Kunyit putih
3. Benalu
4. Keladi tikus
5. Daun dewa
6. Mengkudu

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa kanker bukan penyakit biasa yang bisa dengan sendirinya sembuh hanya dengan istirahat misalnya. Oleh karena itu mulai sekarang tidak ada salahnya sudah mulai melakukan pencegahan dan pemeriksaan atau general check up meskipun tidak ada gejala. Semua itu penting untuk mengantisipasi sejak awal, mengingat kanker adalah penyakit diam yang baru Nampak jika sudah stadium atas.

Namun perlu anda ketahui bahwasannya ada obat baru yang muncul di dunia kesehatan, yakni black garlic. Dipercaya obat herbal ini ampuh dalam mencegah atau mengatasi kanker. Black garlic merupakan hasil fermentasi dari bawang putih tunggal dengan suhu panas kurang lebih dilakukan antara 20-30 hari. Dari situ kandungan yang ada di bawang putih tunggal ini semakin banyak dan ampuh. Salah satunya bisa digunakan untuk mengobati dan mengatasi kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *