Pahitnya Buah Ini Tak Sepahit Manfaatnya

Manfaat-Buah-PareBuah pare ini merupakan tumbuhan yang tumbuh merambat,  yang mana buah ini sangat familiar dikalangan masyarakat umum, buah pare ini memiliki bentuk yang unik yaitu panjang, berwarna hijau dan memiliki tekstur kulit yang kasar dan bergerigi, selain bentuk yang unik buah pare ini juga memiliki rasa buah yang pahit, yang mana tidak semua kalangan masyarakat tidak menyukai rasa dari buah pare ini.

Walaupun buah pare ini memiliki rasa yang pahit tetapi tidak sedikit orang yang suka dengan rasa dari buah pare ini, biasanya buah ini dijadikan sebagai bahan masakan seperti tumis, sayur yang siap saji dan juga bisa sebagai bahan lalapan. Terkadang masyarakat penasaran dengan rasa pahit yang dimiliki oleh buah ini karena rasa pahit yang terkandung dalam buah pare ini memiliki ciri khas sendiri. Sehingga bagi kalangan masyarakat yang suka dengan ciri khas pahit dari buah pare ini akan ketagihan dengan olahan dari buah pare ini, dan bagi kalangan masyarakat yang tidak menyukai rasa pahit maka mereka tidak melirik buah yang satu ini lagi.

Sebenarnya buah pare ini selain sebagai bahan olahan masakan, banyak mengandung manfaat di dalam rasa pahitnya tersebut yang mana jarang diketahui oleh masyarakat. Karena mereka hanya merasakan dari kesan pertama ketika awal mengkonsumsi buah pare ini, karena rasa yang pahit sehingga mereka tidak lagi mengkonsumsinya. Begitu banyak buah atau sayuran lain yang bermanfaat dan mempunyai rasa yang lebih enak sehingga banyak yang meninggalkan buah pare ini.

Yang perlu pembaca ketahuai mengenai kandungan dalam buah pare yaitu: Energi, Protein, lemak, Karbohidrat, Serat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Air, Saponin, Flavonoid, polifenol, glikosida, cucurbitacin, momordicin, asam trichosonat, dan masih banyak lagi kandungan yang ada di dalam buah pahit pare yang harus masyarkat ketahui.

Dibalik rasa pahit buah pare ini banyak manfaat yang di dalam buah pare antara lain:

  1. Menambah Nafsu Makan

Kandungan asam trichosanat dan momordicin berkhasiat meningkatkan fungsi pencernaan di lambung. Ini sangat cocok bagi anda semua yang memiliki masalah kurang nafsu makan, buah pare ini bisa menjadi solusi untuk menammbah nafsu makan anda.

  1. Mengobati penyakit diabetes

Buah pare ini juga bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah pada pengidap penykait diabetes.Diabetes adalah penyakit yang tergolong berbahaya sehingga membutuhkan perwatan serta pengobatan yang khusus, untuk itu buah pare ini sangat cocok digunakan sebagai alternatif atau obat tradisional bagi penderita diabetes agar tidak terlau kecanduan terhadap obat-obat yang memiliki bahan kimia, dan mengurangi biaya yang begitu mahal untuk membeli obat dari dokter.

  1. Membantu Penderit HIV-AIDS

Dari hasil penelitian yang dilakukan di AS menemukan senyawa sejenis protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang terkandung di dalam buah pare. Senyawa ini berguna dalam penghambatan pembiakan HIV penyebab AIDS. Penelittian ini dilakukan pada pasien AIDS. Mereka diberi ekstrak buah pare selama 3 bulan dan hasilnya kekebalan tubuh mereka meningkat.

  1. Ekstrak buah Pare sebagai anti Kanker

Hasil penelitian yang  dilakukan di Univeristas Meiji, Jepang bahwa ekstrak buah Pare sebanyak 0,5% yang dimasukkan ke dalam minuman tikus mampu menghambat perkembangan tumor pada kelenjar susu (Mamae). Ekstrak buah pare ini tidak menimbulkan efek samping, tidak mempengaruhi pola konsmsi makanan, dan tidak mempengaruhi berat badannya.

  1. Mengatasi Wasir

Bagian lain dari tanaman buah pare ini ternyata memiliki manfaat yaitu sebagai zat anti inflamsi yang dapat diaplikasikan dalam pengobatan penyakit wasir. Bagian tumbuhan pare ini yang dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit wasir adalah akar tanaman pare, yang mana bisa digunakan dengan mengoleskan obat pada permukaan kulit untuk mengurangi peradangan dan menghilangan rasa sakit ketika pendarahan. Bagi anda yang suka dengan rasa pahit anda bisa mengkonsumsi buah pare dengan cara membuat jus.

  1. Mengatasi Masalah Pernafasan

Buah pare walaupun memiliki rasa yang pahit tetapi kandungan manfaat di dalam buah ini sangat banyak dan berguna bagi tubuh manusia, seperti mengatasi masalah pernafasan, (asma, bronkitis, dan demam (rhinitis). Buah pare ini mengandung anti-hist, anti-inflamasi, ekspektoran, dan sifat antivirus  membuat buah ini sebagai booster yang ideal untuk kesehatan pernafasan. Anjuran dalam mengkonsumsi buah pare ini pada yang memiliki masalah pernafasan dilakukan sebelum tidur, karena efek menenangkan ketika anda saat tidur.

  1. Mengatasi Infeksi Jamur

Buah Pare juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang berfungsi untuk melawan berbagai macam infeksi jamur dan juga membantu untuk membersihkan darah dari racun sebelum menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada tubuh kita. Buah pare ini juga bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal pada kulit karena mengandung zat anti-inflamasi.

Info Penting

Walaupun rasa pahit yang kurang banyak diminati orang di dalam buah Pare, tetapi banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah pare yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena kandungan manfaat di dalam buah pare ini belum tentu ada di dalam kandungan buah maupun sayauran lainnya yang rasanya lebih enak daripada buah pare. Rasa pahit di dalam buah pare ini bukan menjadi alasan kita untuk tidak mengkunsumsi buah pare tersebut.

Bagi pecinta buah pare jangan khawatir Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa pahit dari pare tersebut supaya anda dapat mengkonsumsi buah pare dengan nyaman dan enak. Adapun cara untuk menghilangkan rasa pahit buah pare antara lain:

  1. Gula Pasir

Gula pasir selain sebagai tambahan pada bumbu masakan serta pada minumuna, juga memiliki peran penting dalam menghilangkan rasa pahit dalam buah pare, caranya yaitu pare di potong kecil-kecil sesuai dengan keingan kita setela itu tambahkan gula pasir sesuai dengan kebutuhan, campur pare dan gula pasir sambil diremas-remas sampai air di dalam pare keluar  sehingga rasa pahit dari buah pare tersebut hilang. Langkah selanjutnya cuci pare tersebut menggunakan air bersih.

  1. Garam

Cara menghilangkan rasa pahit pada pare dengan garam hampir sama dengan penggunaan gula pasir, hanya mengganti gula pasir dengan garam. Potong pare kecil-kecil kemudian masukkan garam pada pare, diamkan 10-15 menit kemudian peras pare sampai keluar airnya.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji juga bisa digunakan sebagai penghilang rasa pahit pada buah pare caranya sangat mudah yaitu ambil beberap lembar daun jambu biji lalu rebus pare yang sudah dipotong-potong bersama daun jambu biji setelah di cuci, tambahkan garam untuk mempermudah menghilangkan rasa pahit, ketika sudah layu angkat dan peras pare tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenaia manfaat buah pare bagi kesehatan kita. perlu diingat bahwasannya rasa enak tidak tentu bermnfaat bagi kita, yang pahitpun terkadang malah memiliki manfaat luar biasa bagi kita, contohnya buah pare ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *