Mengenal Lebih Dalam Khasiat Bawang Putih Untuk Jantung

Khasiat Bawang Putih Untuk JantungSiapa yang menyangka jika bahan daur seperti bawang putih ternyata sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit jantung. Kadang justru bawang putih dihindari oleh sebagian orang karena dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Di balik aromanya yang khas, bawang putih mengandung berbagai zat yang sangat berguna mengobati penyakit jantung. Apa sajakah khasiat bawang putih untuk jantung? Berikut ini beberapa ulasan mengenai khasiat bawang putih untuk jantung yang perlu diketahui.

Zat Yang Terkandung Dalam Bawang Putih

Sebelum anda mengetahui khasiat bawang putih untuk jantung , alangkah lebih baik jika anda mengetahui zat – zat yang terkandung dalam bawang putih. Beberapa zat yang ada dalam bawang putih, yaitu vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin K, kalsium, protein, zat fosfor, lemak, hingga zat besi dan alilpropil disulfida.

Selain itu, bawang putih juga mengandung minyak atsiri dan zat kalin yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas dan beberapa virus lainnya. Salah satu kandungan penting dalam bawang putih sangat berguna dalam penurunan lemak pada jantung dan beberapa organ tubuh lainnya. Berikut ini beberapa khasiat bawang putih untuk jantung secara lebih spesifik dan mendalam.

Khasiat Penting Bawang Putih Untuk Jantung

Jantung bisa dikatakan sebagai organ tubuh yang utama dan sangat vital untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satu fungsi utama organ jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Jika fungsi dan kinerja organ jantung terganggu, maka otomatis kinerja organ vital lainnya akan turut terganggu. Oleh karena itu sebaiknya kita mulai menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Menjaga kesehatan organ jantung tidak harus dilakukan dengan biaya yang mahal. Selain melakukan olahraga yang rutin, salah satu cara menjaga kesehatan dan kinerja organ jantung adalah dengan menggunakan bawang putih. Bahan dapur tersebut berkhasiat untuk mencegah terjadinya gangguan pada organ jantung. Beberapa khasiat bawang putih untuk jantung yaitu:

1.      Mampu Menghindarkan Arteri Dari Tumbuhnya Plak – Plak Yang Ada Di Jantung

Khasiat bawang putih untuk jantung yang pertama yaitu untuk menghambat pertumbuhan plak pada arteri. Plak – plak yang tumbuh di daerah arteri inilah yang menghambat sistem peredaran darah dan mengakibatkan penyumbatan jantung.

2.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat lain dari bawang putih untuk jantung adalah untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Seperti yang diketahui bahwa tekanan darah yang terlalu tinggi akan berakibat fatal terhadap kesehatan jantung. Melalui konsumsi bawang putih yang cukup, rutin dan teratur tekanan darah pada tubuh manusia dapat terkontrol dengan baik.

3.      Mencegah Kolesterol

Persoalan lain yang mengganggu kesehatan organ jantung adalah kolesterol. Kolesterol dapat menutupi katup jantung jika dalam jumlah yang berlebihan. Banyak makanan yang menjadi pemicu meningkatnya jumlah kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan jantung dari kolesterol yang berlebihan, anda dapat memanfaatkan bawang putih organik.

4.      Mengantisipasi Serangan Jantung

Salah satu penyakit berbahaya yang menyerang jantung adalah serangan jantung secara tiba – tiba. Jika seseorang mengalami serangan jantung sewaktu – waktu dapat mengancam nyawa penderitanya. Kandungan zat dalam bawang putih terbukti mampu menjaga kestabilan kinerja jantung sehingga meminimalkan resiko serangan jantung yang datang secara tiba – tiba.

5.      Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Jantung koroner merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh robeknya dinding arteri karena tekanan darah yang tidak terkontrol dengan baik. Jantung koroner juga dapat menimbulkan peradangan pada dinding arteri yang menyebabkan terbentuknya plak. Bawang putih dapat meminimalkan resiko penyakit jantung koroner jika dikonsumsi secara rutin.

Cara Penggunaan Bawang Putih Sebagai Obat Jantung

Masing – masing orang memiliki kebiasaan sendiri – sendiri dalam mengkonsumsi makanan, termasuk bawang putih. Ada yang lebih menyukai bawang putih mentah, ada yang suka digoreng bahkan ada yang lebih memilih dibuat menjadi jus. Berikut ini ada beberapa cara penggunaan bawang putih yang dapat digunakan sebagai obat penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung.

1.      Mencampurkan Dengan Lemon

Bagi yang tidak menyukai bau atau aroma menyengat dari bawang putih tentu akan merasa mual ketika harus mengkonsumsinya. Salah satu alternatifnya yaitu dengan memberikan campuran ekstrak lemon pada bawang putih.

Caranya yaitu dengan mencampurkan bawang putih mentah yang telah dihaluskan dengan lemon dan jahe kemudian merebusnya hingga matang. Setelah itu, dinginkan campuran tersebut lalu tetesi dengan madu. Air ekstrak bawang putih dan lemon ini sangat baik apabila dikonsumsi pada saat pagi hari sebelum memulai aktivitas. Terapi bawang putih dan lemon ini dapat diminum secara rutin selama setengah atau satu tahun.

2.      Membuat Jus Bawang Putih

Jika anda penggemar minuman jus, mungkin jus bawang putih dapat menjadi alternatif utama menjaga dan mengobati penyakit jantung. Caranya yaitu dengan mengupas beberapa siung bawang putih kemudian mencampurkannya dengan air. Anda dapat mencampurkan madu secukupnya agar aroma bawang putih sedikit berkurang.

Ketentuan Mengkonsumsi Bawang Putih

Orang yang rutin mengkonsumsi bawang putih akan terhindar dari gangguan organ jantung. Akan tetapi mengkonsumsi bawang putih juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Berikut ini ada beberapa ketentuan dalam mengkonsumsi bawang putih. Beberapa di antaranya, yaitu:

1.      Dikonsumsi Oleh Orang Dewasa Yang Telah Memasuki Usia Lanjut

Bagi anak – anak, mungkin tidak perlu mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Lain halnya dengan orang dewasa yang telah lanjut usia. Organ jantung pada orang yang telah berusia lebih dari lima puluh tahun akan mengalami penurunan fungsi dan kinerja sehingga akan lebih baik jika dapat mengkonsumsi bawang putih secara rutin setiap harinya.

2.      Minimalkan Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah

Mengkonsumsi bawang putih mentah terbukti akan membuat kesehatan lambung terganggu akibat dari zat asam sulfida yang terkandung di dalamnya. Boleh mengkonsumsi bawang putih mentah, namun tidak boleh terlalu sering. Akan lebih baik jika mengkonsumsi bawang putih yang telah direbus terlebih dahulu.

3.      Hindari Makan Bawang Putih Lebih Dari Tiga Siung Setiap Harinya

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi bawang putih adalah mengenai dosisnya. Bagi orang dewasa, jangan sampai mengkonsumsi bawang putih lebih dari tiga siung dalam sehari secara rutin karena dapat menimbulkan pendarahan pada lambung.

4.      Mengimbangi Dengan Olahraga Jantung Sehat Secara Rutin

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengkonsumsi bawang putih dengan menjaga olahraga secara teratur. Jika anda ingin jantung menjadi sehat, maka lakukanlah olahraga jantung sehat secara teratur dan mengkonsumsi bawang putih. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk menghindari makanan cepat saji dan juga minuman bersoda.

Banyak khasiat bawang putih untuk jantung yang berdampak positif terhadap kehidupan manusia. Setiap orang dewasa baik penderita penyakit jantung atau bukan dapat mulai mengkonsumsi bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung. Semoga artikel mengenai khasiat bawang putih untuk jantung dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *