Bawang HItam

Konsumsi Black Garlic untuk Proses Penyembuhan Ambeien

Black Garlic
Black Garlic

Ambeien atau sering juga disebut wasir adalah penyakit akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau spincter. Penyakit ini memang terlihat simple tapi akan sangat menganggu aktivitas kita terutama saat duduk. Perlu anda ketahui bahwasannya Ambeien dibedakan menjadi 2 (dua) macam yaitu ambeien dalam dan ambeien luar, Ciri-ciri wasir luar dan ambeien dalam berbeda.

Ambeien atau wasir luar terjadi karena varises pada jaringan otot di bawah kulit yang biasanya akan menimbulkan bengkak kebiruan yang terasa sakit dan gatal di sekitar bibir anus. Sedangkan ambeien dalam terjadi karena pembengkakan pembuluh darah akibat tertutup selaput lendir yang basah. Semua merupakan sebuah ancaman bagi kesehatan kita. Jika tetap dibiarkan maka akan menjadi gangguan bagi kesehatan kita, dan hal ini akan berdampak buruk bagi kehidupan kita. ketika terkena ambeien kita sulit untuk melaksankan aktivitas kita, produktivitas akan menurun dan lainnya.

Selanjutnya kita akan membahas lebih dalam ciri-ciri dari penyakit ambeien atau wasir ini, baik ambeien yang dalam maupun ambeien luar. Masing-masing jenis wasir ini memiliki ciri yang berbeda pula. Untuk wasir dalam biasanya Ciri-ciri dapat di deteksi dengan keluarnya darah ketika buang air besar. Pada kasus yang sudah kronis, wasir atau pembuluh darah yang membengkak bisa keluar menyerupai ambeien luar. Dan jika sudah seperti ini biasanya diambil jalan operasi pengangkatan wasir oleh dokter walaupun kadangkala menimbulkan efek samping yang kurang baik.

Sedangkan untuk ambeien atau wasir luar memiliki ciri-ciri, antara lain:
• Saat buang air besar ada darah pada tisu, atau pada kotoran.
Hal ini mengindikasikan bahwasannya kita telah mengalami ambeien atau wasir. Jadi ketika ada darah sedikit atau banyak pada kotoran kita maka itulah yang disebut dengan wasir.
• Gatal-gatal pada daerah anus
Untuk masalah gatal-gatal di daerah anus bisa menunjukkan berbagai pendapat, bisa mengindikasikan cacingan atau ambeien. Tapi untuk berhati-hati ketika sudah terasa gatal-gatal di daerah anus harus segera kita tangani.
• Rasa sakit di bagian tulang belakang bagian bawah (biasanya di alami oleh penderita yang sudah pada wasir/ambeien stadium 2.

Dan untuk gejala yang lebih parah lagi, penyakit wasir yang biasa akan bisa menjadi penyakit wasir berdarah, karena terjadi pembengkakan yang disertai dengan adanya lendir dan pendarahan. Jika sudah mencapai status ini maka penyakit wasir atau ambeien ini menjadi semakin parah dan harus segera mendapatkan penanganan.

Memang banyak dari kita yang menyepelekan penyakit wasir atau ambeien. Pada saat kita merasakan gejala-gejala dari penyakit wasir atau ambeien ini, banyak dari kita cenderung tidak menghiraukannya dan selalu membiarkannya. Dan tanpa kita sadari, bahwa sebenarnya hal ini bisa malah menjadikan penyakit wasir atau ambeien yang anda alami itu akan bisa semakin parah.

Tingkat keparahan wasir atau ambeien dibagi menjadi 4 stadium, sebagai berikut. Sebelum membahasnya perlu kita ketahui bahwasannya setiap stadium memiliki tingkat keparahan masing-masing, semakain tinggi stadiumnya maka penangananpun harus dilakukan secara rutin dan intensif. Empat stadium itu anatara lain :

Stadium 1: Mulai terjadi pembesaran vena di anus. Ukurannya masih kecil sehingga biasanya belum menimbulkan gejala apapun. Baru bisa terdeteksi ketika diperiksa dengan endoskopi. Namun terkadang sudah mulai menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar (BAB).

Stadium 2: Pembesaran vena sudah mulai dapat teraba, bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan, namun belum ada pendarahan. Terkadang terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di anus. Kemungkinan rasa panas meningkat saat duduk terlalu lama dan BAB.

Stadium 3: Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu dimasukan kembali secara spontan. Maka untuk memasukkannya diperlukan bantuan jari. Dapat menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun BAB. Saat terjadi kontraksi, vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.

Stadium 4: Pembesaran vena sudah tidak dapat dimasukan kembali, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan terjadi semakin sering lantaran vena yang semakin membesar, sehingga mungkin dapat membuat penderitanya kekurangan darah atau penurunan hemoglobin (HB).

Penyebab Wasir atau Ambeien :
• Terlalu lama duduk ( duduk seharian )
• Menderita diare yang lama ( diare yang tidak kunjung sembuh )
• Adanya perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil
• Karena faktor keturunan dari penderita wasir
• Melakukan hubungan sex yang tidak lazim
• Sering mengalami sembelit/konstipasi saat BAB
• Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena
• Pola makan yang sembarangan ( merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda ) dan gaya hidup yang tidak teratur
• Kurang berolahraga
• Sering mengangkat beban yang berat-berat

Faktor yang paling banyak terjadi wasir atau ambeien adalah karena terlalu keras mengejan saat buang air besar dan karena terlalu banyak duduk. Dua hal ini sering tidak disadari oleh kita, kita menganggap hal ini tidak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita.

Sebaiknya sebelum anda mengalami penyakit wasir tersebut ada beberapa tindakan preventif yang dapat dilakukan diantaranya mengonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung lemak, mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, memperbanyak konsumsi air putih (apabila anda sedang bekerja bawalah air mineral dalam kemasan), hindari minuman beralkohol dan minuman panas (kopi dan teh), dan rajin meminum madu alami secara teratur. Makanlah makanan yang banyak mengandung serat alami dan kurangi makanan fast food. Bagi anda yang bekerja lebih banyak duduk, seringlah setiap 20 menit sekali untuk berdiri selama2 menit agar otot-otot disekitar bokong anda mengalami relaksasi. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Namun bagi anda yang terlanjur mengalami atau menderita penyakit wasir dan bingung untuk menyembuhkannya, maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi black garlic. Apa itu black garlic adalah pertanyaan yang muncul pertama kali di fikiran anda setelah mendengarkannya. Perlu anda ketahui bahwasannya black garlic merupakan hasil fermentasi dari bawang putih.

Warna dari bawang tersebut yang awalnya putih akan menjadi hitam. Hitam bukan berarti pahit atau gosong, malah warna hitam yang dimiliki black garlic menghasilkan rasa kenyal dan manis. Melalui fermentasi ini bawang putih yang sudah memilikim kashiat luar biasa akan menjadi lebih berkhasiat lagi dengan tambahan kandungan-kandungan zat baik bagi tubuh kita.

Fermentasi ini dilakukan selama 20-30 hari dengan suhu panas, dengan begitu warna bawang putih akan berubah menjadi hitam akibat fermentasi tersebut. Hasil fermentasi ini memiliki kandungan yang baik untuk penyembuhan ambeien atau wasir. Jadi bagi anda yang menderita atau mengalami ambeien bisa mengkonsumsi obat herbaal dan alami ini secara teratur dan jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *