Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil Dan Cara Mendapatkanya

Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil Dan Cara MendapatkanyaBawang putih memang sudah begitu umum di ketahui oleh setiap orang untuk keperluan memasak. Selain di pakai untuk masakan, bawang putih juga kerap digunakan sebagai bahan pengobatan alami yang telah di terapkan pada ribuan tahun yang lalu. Semua itu di karenakan bawang putih mampu dalam mengatasi berbagai masalah pada tubuh, seperti tekanan darah tinggi dan juga masalah sirkulasi darah dalam tubuh. Salah satu yang menjadi sorotan yaitu akan khasiat bawang putih untuk ibu hamil  yang mempunyai peran besar. Namun sebelumnya lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan didalam bawang putih tersebut.

Kandungan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang digunakan masyarakat Indonesia dann juga di gunakan sebagai salah satu pengobatan sejak dulu. Didalam bawang putih ini terdapat kandungan zat yang baik bagi tubuh. Misalnya zat allin yang merupakan zat  sejenis dengan asam amino sulfur yang telah di konversi menjadi allicin.

Sedangkan allicin memiliki sifat sebagai antibiotik. Pelancaran peredaran darah, penurun kolestrol dan sebagai antioksidan. Bahkan bawang putih juga mempunyai fungsi untuk melemaskan otot-otot halus, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi oksidatif. Lalu apa sajakah khasiat bawang putih untuk ibu hamil? Berikut adalah khasiatnya.

Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil

Bagi seorang ibu hamil, manfaat dari mengkonsumsi bawang putih dapat memberikan peningkatan sirkulasi darah, mengurangi kadar kolestrol serta menurunkan tekanan darah. Selain itu bawang putih juga dapat mengurangi rasa kelelahan selama kehamilan dan menghancurkan berbagai bakteri yang berbahaya.

Sifat antimokroba yang dimiliki bawang putih akan sangat berkhasiat sekali bagi ibu hamil. Untuk pemakaianya dapat sebagai salep atau di jadikan suplemen yang dapat di minum. Bawang putih juga dapat memberikan bantuan mengobati infeksi yang terjadi pada vagina. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi bawang putih  secara mentah atau sudah di jadikan suplemen sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Berikut berbagai macam khasiat bawang putih untuk ibu hamil:

  1. Mencegah Rambut Rontok

Pada saat ibu hamil pasti akan mengalami perubahan hormone yang signifikan. Hal ini biasanya akan berpengaruh pada organ tubuh salah satunya kerontikan rambut. Bawang putih  yang mengandung allicin dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut serta mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

  1. Bawang Putih Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Selama masa kehamilan berlangsung, Ibu hamil harus memperhatikan tekanan darah dalam tubuhnya. Usahakan tidak mempunyai tekanan darah rendah (hipotensi) ataupun tekanan darah tinggi(hipertensi)

Apabila mempunyai tekanan darah yang tinggi hendaknya di waspadai oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada kehamilan. Salah satu upaya yang dapat di lakukan untuk menurunkan darah adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Mengapa? Karena kandungan allicin pada bawang putih  telah terbukti dapat menstabilkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolestrol.

  1. Mencegah Sakit Kanker

Penyakit kanker dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali pada ibu hamil. Siapapun yang terkena penyakit kanker, maka untuk penyembuhannya harus menjalani pengobatan dan terapi yang cukup serius. Salah satu upaya untuk penyembuhan secara alami adalah dengan memanfaatkan bawang putih.  Mengkonsumsi  bawang putih di saat masa kehamilan dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

  1. Membantu Mengatasi Sakit Flu

Bawang putih memiliki kandungan zat yang sangat efektif yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Pada saat pergantian musim, Ibu hamil rentan terserang penyakit flu maupun batuk. Apabila ibu hamil mempunyai sistem imun yang kuat maka akan terhindar dari serangan penyakit flu dan jika sudah terserang flu maka akan segera sembuh dalam waktu dekat. Ibu hamil yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, tidak hanya penyakit flu yang dapat di hindari, akan tetapi berbagai macam penyakit akan di halau oleh tubuh.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih mengandung asam amini allin dan pada saat dipotong atau di haluskan, asam ini akan berubah menjadi alisin. Kandungan alisin memiliki sifat sebagai anti inflamasi yang berkhasiat membantu mengurangi nyeri pada gigi dan peradangan pada gusi. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih sangat mudah. Hanya dengan menggerusnya sampai lembut dan menambahkan garam sedikit  kemudian di letakan pada area gigi yang terasa nyeri. Bukan hanya untuk ibu hamil saja bahkan terapi ini dapat di gunakan siapa saja saat merasa nyeri gigi

  1. Mengobati Infeksi

Bawang putih dapat mengobati berbagai infeksi seperti borok serta infeksi lainya. Selama masa kehamilan mengkonsumsi bawang putih menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga dari segala macam infeksi. Oleh karena itu pastikan memasukkan bawang putih dalam menu makanan harian anda.

  1. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Khasiat bawang putih untuk ibu hamil sangat bagus. Mengkonsumsi bawang putih pada saat hamil ternyata dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan masalah kehamilan. Selain itu dengan mengkonsumsi bawang putih yang di tambahkan dengan madu akan meningkatkan berat janin dalam kandungan.  Maka bawang putih ini merupakan makanan yang menyehatkan bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya dengan menambahkan madu.

Cara Mendapatkan Khasiat Bawang Putih Untuk Ibu Hamil

Mendapatkan khasiat bawang putih untuk ibu hamil ada berbagai macam cara, salah satunya bisa di gunakan sebagai bumbu masakan atau diramu sebagai bahan campuran obat herbal. Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan, sebaiknya cuci bawang putih sampai benar-benar bersih sebelum dikonsumsi

Penggunaan bawang putih tidak di cuci  terlebih dahulu dikhawatirkan telah terkontaminasi bakteri yang berbahaya. Satu hal yang harus di perhatikan saat mengkomsumsi  bawang putih sebagai obat herbal, yaitu memastikan bahwa bawang putih yang di gunakan berkualitas baik. Bawang putih yang mempunyai kualitas jelek, busuk dan kotor sebaiknya di hindari kemungkinan akan berdampak jelek yang akan terjadi.

Adapun penggunaan bawang putih sebagai bumbu masak sebaiknya di sesuaikan dengan takaran, jangan terlalu berlebih. Kenapa demikian? Karena penggunaan bawang putih yang terlalu banyak untuk bumbu masak akan membuat masakan menjadi kurang sedap. Sesuaikan jumlah bawang putih dengan masakan yang di buat sehingga sajian menu harian akan terasa lebih nikmat dan sedap.

Dosis Bawang Putih Untuk Ibu Hamil

Bawang putih memiliki aroma yang khas dan masing-masing bentuk olahan dari bawang putih mempunyai konstituen yang berbeda antar satu dnegan yang lainya. Misalnya saja, pada bawang putih yang sudah diolah sebagai minyak esensial, maka tidak terkandung allicin, namun dalam olahan yang berupa bubuk, terdapat kandungan allicin dalam jumlah yang sedikit.

Guna mendapatkan khasiat dari bawang putih ini selama masa kehamilan, maka para ibu dapat mengkonsumsinya sekitar 2 hingga 4 bawang putih setiap harinya, bisa juga di minum sekitar 600 sampai 1.200 miligram ekstrak bawang putih pada setiap harinya. Sebelum menggunakanya ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu, tentang kepastian dosis mengkonsumsi bawang putih yang tepat dan aman saat masa kehamilan sesuai dengan kesehatan pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *