bawang hitam

Gejala Usus Buntu, Kenali Penyebabnya dan Atasi Sebelum Mengancam Kesehatan

Black Garlic
Black Garlic

Banyak faktor yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, sehingga perlu suatu pola hidup yang baik. Akan tetapi, tidak semua orang dapat terhindar dari segala macam penyakit, salah satunya usus buntu. Penyakit ini  merupakan suatu ancaman dunia kesehatan.

Gejala usus buntu sendiri bisa dirasakan oleh penderitanya. Usus buntu dapat terjadi karena menebalnya lendir atau masuknya benda keras. Lama kelamaan, lendir atau benda keras tersebut mengeras dan menyumbat lubang usus buntu. Setelah mengalami pengerasan dan penyumbatan lubang, maka bakteri alami yang terdapat pada usus buntu dapat menginfeksi dinding usus dan menimbulkan rasa sakit.

Gejala Usus Buntu dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyakit usus buntu merupakan peradangan atau pembengkakan pada apendiks. Organ ini sendiri memiliki bentuk kantong kecil tipis berukuran 5-10 cm dan terhubung dengan usus besar. Rasa sakit yang diakibatkan oleh penyumbatan saluran usus buntu tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyumbatan tersebut dapat menjadi semakin parah apabila tidak segera diatasi dengan saksama. Hal ini disebabkan karena adanya aktivitas bakteri di area penyumbatan yang lama kelamaan mengalami infeksi dan semakin parah keadaannya apabila tidak ada upaya untuk mengatasinya.

Banyak sekali gejala usus buntu yang dirasakan oleh penderita. Gejala yang umum terjadi adalah rasa nyeri melilit di perut kanan bawah. Selain gejala umum tersebut, rasa nyeri yang dialami, timbul rasa mual, perut kembung, konstipasi ataupun diare, dan sakit kepala hingga demam. Gejala awal pada usus buntu yaitu kurangnya nafsu makan.

Gejala pada penderita usus buntu harus segera diatasi. Langkah terakhir dalam penanganan penyakit ini adalah melalui operasi pengangkatan dan pembuangan usus buntu. Operasi harus dilakukan ketika terjadi infeksi yang sudah parah dan pecahnya usus buntu. Akan tetapi, dalam kondisi awal adanya gejala usus buntu, penderita dapat melakukan beberapa cara alami. Untuk jelasnya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Temulawak

Temulawak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit usus buntu secara alami. Bahan yang harus disediakan adalah temulawak segar sebanyak 30 gram, kunyit 25 gram, dan air 500 ml.

Cara pembuatannya adalah mencuci temulawak dan kunyit hingga bersih. Rebus campuran kunyit dan temulawak ke dalam 500 ml air hingga tersisa setengah bagian. Saring rebusan tadi dan minum secara rutin.

  1. Sambiloto

Daun sambiloto berkhasiat mengatasi gejala usus buntu. Bahan untuk membuat obat herbalnya adalah menyiapkan daun sambiloto sebanyak 30 gram, 1 sdm madu, dan 400 ml air. Rebus berbagai bahan tersebut hingga airnya tinggal setengahnya. Saring rebusan tadi, serta tambahkan 1 sdm madu murni. Minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Mengkudu dan Madu

Cara alami selanjutnya adalah dengan memakai mengkudu dan madu untuk membuat campuran herbal yang berguna untuk mengatasi penyakit usus buntu. Bahannya meliputi 1 sdm madu dan satu buah mengkudu yang sudah masak. Cara pengolahannya cukup mudah dan bersihkan mengkudu hingga benar-benar bersih.

Parut mengkudu tersebut dan peras airnya. Ambil air perasan mengkudu dan campurkan dengan 1 sdm madu. Khasiatnya dapat terasa dengan meminumnya sebanyak 2 kali sehari.

Penyakit usus buntu yang belum mencapai kondisi yang parah, dapat dilakukan penyembuhan secara alami. Beberapa cara alami dapat dilakukan guna mengatasi gejala usus buntu. Ramuan tradisional sangat berkhasiat untuk mengatasi usus buntu dengan mengonsumsinya secara rutin dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *