Dahsyatnya Khasiat Bawang Hitam dan Manfaat Bawang Putih Hitam

Kenapa di Bilang Dahsyat ? Ini karena emang Bawang Hitam tidak di sangka bisa membantu proses penyembuhan beberapa penyakit yang di alami oleh seseorang.

Tidak hanya isapan jempol belaka. Banyak yang mengkonsumsi bawang hitam merasakan hasil yang mereka inginkan. Apakah sugesti berpengaruh? Bisa di katakan iya! Kadang seseorang mendapatkan keyakinan penuh karena mendapatkan informasi  dari teman, saudara, ataupun masyarakat luas.  Sehingga Ingin mencoba mengkonsumsinya.

Bawang Hitam

Dari keyakinan yang tinggi terhadap bawang hitam inilah timbul sugesti ingin sembuh. Di tambah dengan kandungan bagus dari bawang berwarna hitam ini , tentu saja sakit yang diderita bisa sembuh. Tentu jelas berbeda dengan seseorang yang kurang yakin. Walaupun kandungan dari Bawang putih hitam ini bagus, tidak akan menyembuhkan seperti yang dia inginkan.

Dari Menu Disclaimer yang ada di web ini salah satunya menyebutkan bahwa, tiap orang memang berbeda kondisinya. Ada yang bisa sembuh setelah mengkonsumsi Black garlic, ada juga yang Tidak. Ada yang cukup sebentar saja mengkonsumsinya ada yang sampai lama baru terasa hasilnya.

Sekali lagi Bawang hitam ini walaupun kandunganya sangat baik dengan berkali lipat khasiat yang ada pada bawang putih biasa, namun tidak menggantikan penanganan medis. Bawang ini membantu proses penyebuhannya. Ada kondisi juga anda tidak boleh mengkonsumsi bawang fermentasian ini yaitu :

1. Penderita Yang Sedang Migren.

Disitu tertulis dengan kata “Sedang”, pertanyaanya apakah ketika sudah tidak sedang mengalami migren boleh mengkonsumsinya? Tentu saja boleh!

Karena penderita migren kan tidak terus terusan mengalami migren. Jadi pada saat migren nya tidak kambuh maka boleh memakan bawang ini, malah justru bisa meringankan.

2. Pada Saat Akan Melakukan Operasi Dalam Waktu Dekat.

Tahukah anda bahwa bawang hitam ini sifatnya bisa memperlancar aliran darah. Darah yang tadinya kental dengan mengkonsumsi bawang ini bisa encer. Orang yang lancar darahnya tentu saja akan sehat terhindar dari berbagai penyakit.

Namun seseorang yang akan melakukan operasi harus menghindari makan bawang hitam. Karena di kuatirkan timbul pendarahan pada saat operasi. Darah yang lancar tentu saja akan mengalir deras jika ada sayatan dikulit bukan? Jadi Hindari ya!

3. Seseorang Yang Awalnya Alergi Dengan Bawang Putih

Jika anda termasuk yang alergi dengan bawang putih tentunya mengkonsumsi bawang hitam juga berpengaruh. Ini karena kandungan bawang putih dan hitam sama saja. Hanya saja pada Black Garlic kandunganya meningkat setelah mengalami proses fermentasi kering.

BAWANG HITAM ITU BERASAL DARI BAWANG PUTIH

Bawang Hitam

Bawang Hitam

Anda tentunya tahu kan bawang putih? Bawang putih jenisnya ada 3 macam (Itu yang saya tahu hehe..). Yaitu Bawang Putih Tunggal , Bawang Putih Kating, dan Bawang Putih Dapur / Biasa. Kesemuanya bisa disulap atau di jadikan bawang hitam melalui proses fermentasi kering.

Tujuannya apa sih di jadikan bawang hitam? Wokeh… saya coba jelaskan ya! Emang ini yang menjadi banyak pertanyaan oranng.

Alasan Pertama di Fermentasi 

Kalau saya tanya, apakah anda mau memakan bawang putih mentah mentah, dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit? Tentu kebanyakan orang menjawabnya No No No… Tentu rasanya yang pengar pedas membuat orang tidak mau memakannya langsung.

Inilah yang menjadi alasan pertama bawang putih di jadikan bawang putih hitam atau black garlic. Dengan di fermentasi kering dan warnanya menjadi hitam maka rasanya juga berubah tentunya. Rasa dari black garlic tentu banyak yang suka, yaitu Manis ada kecut kecutnya dikit, bahkan ada yang murni manis tergantung yang membuatnya.

Alasan Kedua Di fermentasi

Tidak mungkin sesuatu di produkssi kalau tidak memiliki manfaat yang lebih. Begitupun juga dengan bawang putih yang di proses fermentasi menjadi berwarna hitam. Setelah menjadi Bawang Hitam, maka yang tadinya bawang putih ini akan meningkat nilai gizinya.

Kandungan dari bawang putih yang menjadi hitam akibat proses fermentasi ini akan menjadi lebih meningkat berkali lipat dari bawang putih biasa.

Seperti yang sudah diteliti dalam suatu penelitian bahwa kadar Polifenol dan Flavonoid dari bawang putih bisa meningkat menjadi 23% dan 37%. Belum lagi kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas bisa berkali kali lipat. Belum Lagi Nilai gizi yang lainnya tentu akan lebih meningkat.

Sudah tahu kan alasan mengapa bawang putih biasa di proses Fermentasi Kering. Sekarang saya akan jelaskan apa itu proses Fermentasi Kering itu.

Sebenarnya Nama Fermentasi Kering itu hanya sebutan saja. Karena biasanya kan yang namanya fermentasi ada campurannya, seperti contohnya tempe. Sudah pasti anda mengira bahwa fermentasi pada bawang putih ini juga ada campurannya kan? No No No…

Proses mengubah bawang putih menjadi bawang hitam ini dengan cara di hangatkan dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 – 14 hari ( Yang Paling cepat), tanpa di hentikan atau di jeda sedikitpun sampai benar benar sempurna. Itupun menggunakan suhu tertentu.

Ada yang menggunakan suhu 25 – 35 derajat celcius. Ada juga yang menggunakan suhu 60 – 70 derajat celcius. Untuk yang menggunakan suhu 25 – 35 derajat celcius biasanya memakan waktu 45 – 90 hari.

Karena proses di “DIAMKAN”  yang lama inilah sama dengan proses fermentasi lainnya, namun kalau ini di hangatkan. Maka dari itulah di sebut dengan “Fermentasi Kering” , Tanpa menggunakan campuran tambahan apapun juga, jadi sangat aman karena murni benar benar bawang putih.

MANFAAT BAWANG PUTIH FERMENTASI

Manfaat dari bawang putih yang sudah di fermentasi memang terbukti sangat bagus untuk kesehatan kita. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa kandungannya akan meningkat, tentu saja ini sangat menguntungkan bagi tubuh kita. Berikut ini sekilas tentang Khasiat Bawang Putih Fermentasi yang bisa menjadi referensi buat anda :

1. Meningkatkan Kekebalan tubuh Kita

Ternyata bawang putih hitam setelah di teliti tidak hanya untuk membantu proses penyembuhan. Dia juga bisa mempunyai kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Sistim imun kita akan di rangsang agar meningkat, hal inilah yang menyebabkan kita akan mempunya pertahanan yang lebih.

2. Mengontrol Lemak Berlebihan

Lemak dalam tubuh memang dibutuhkan, namun jika berlebihan justru akan menimbulkan masalah baru. Konsumsilah ini, karena black garlic bisa menurunkan kadar lemak di dalam badan kita , juga yang ada di perut.

3. Menjaga J4ntung Tetap Sehat

J4ntung adalah organ penting yang harus di jaga kesehatanya. Kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah menjadi momok yang sangat menakutkan. Karena ini akan menghambat aliran darah kita ke j4ntung. Nah kandungan dari bawang hitam bisa mengontrol Kolesterol LDL. Serta bisa menjaga juga tingkat kolesterol HDL atau kolesterol baik ketingkat yang sesuai sehingga kesehatan j4ntung bisa tetep terjaga.

4. Menjaga dari Infeksi

Infeksi kalau dibiarkan saja tentu akan menyebabkan hal yang serius. Luka yang terinfeksi biasanya akan menyerang tubuh juga, sehingga kita rentan terhadap penyakit.

Kandungan bawang hitam berupa zat Antimikroba, antibiotik dan anti jamur yang terdapat pada Allicin MAMPU untuk meningkatkan sistem yang bisa menjaga kita dari infeksi.

5. Mencegah Dari kanker.

Senyawa yang bisa mencegah bahkan melindung kita dari k4nker pada bawang hitam adalah S-Allycysteine yang meningkat. Tadinya adalah zat alami dari baawang putih segar, setelah di fermentasi maka akan meningkat kandunganya.

Di tambah lagi dengan asam amino, menurut penelitian bisa menurunkan kadar koleterol serta mencegah resiko terkena penyakit k4nker.

Nah itulah beberapa manfaat dari black garlic. Nantinya kami update artikel ini untuk menambahkan manfaat manfaat lainnya, masih banyak kok. Jadi silahkan di tunggu ya 🙂

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *