Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar memang tidak lah mudah bagi pemula karena membutuhkan ketelitian juga, tidak asal di proses seperti yang di lihat di video video youtube. Sekilas memang Cara Membuat Bawang Hitam atau Black Garlic itu mudah , namun terkadang ada yang hasilnya benyek ada yang gagal karena mengeras seperti batu sehingga tidak bisa di konsumsi, ada juga bawang hitam jadi nya bagus yaitu kenyal dan berair. Nah Bawang hitam yang jadinya kenyal ini yang banyak disukai oleh kebanyakan orang karena ketika dimakan texturenya seperti dodol.

Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar
Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar

Kalau Asal Membuat Bawang Hitam sih pasti semua orang bisa, namun Untuk Cara Membuat Bawang Hitam Yang benar memang perlu waktu, bisa di bilang perlu jam terbang :-). Misalnya untuk penataan di alat pemanasnya/open, alas yang digunakan, mempelajari suhu dari open yang digunakan, waktu mengecek, dan lain lain. Jadi membuat bawang hitam tidak boleh asal karena agar bisa dihasilkan proses farmakologi pada zat yang terkandung pada bawang putih, sehingga Khasiat Bawang Hitam bisa di dapatkan .

Ada sebagian orang yang tidak mengikuti prosedur, yaitu ingin cepat cepat jadi bawang hitam dan melakukan suatu teknik agar waktunya singkat. Padahal pembuatan bawang hitam di perlukan Proses Fermentasi Kering dengan memanfaatkan suhu serta waktu yang cukup lumayan lama agar berproses menghasilkan zat yang lebih baik di dalam bawang putih untuk menjadi Bawang Hitam. Yaitu dengan mempersingkat menjadi 2 hari, caranya terlebih dahulu di kukus sampai matang dan melunak, karena warnanya belum hitam lalu di open selama 2 hari untuk menghitamkan. Cara ini salah, Rasanya memang hampir sama namun kita tidak tahu untuk manfaat atau khasiatnya, yang jelas tentu beda dengan yang sesuai prosedur.

Biar ngak terlalu lama berikut ini saya berusaha membuatkan panduan Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar sesuai pengalaman saya. Untuk itu perlu dipersiapkan alat alat dan bahannya.

ALAT / BAHAN YANG DIPERLUKAN :

  1. Magijar
  2. Bawang Putih Tunggal atau Kating
  3. Kardus tidak terlalu tebal dan Tisu
  4. Kain Yang Bisa Menyerap Air

LANGKAHNYA :

Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar
  1. Buka Magijar dan Ambil Pancinya
  2. Gunting kardus sesuai area panci magijar, yaitu gunting bundar untuk alas di bawahnya, dan gunting memanjang untuk di taruh melingkar disamping panci magijar. ( Sesuaikankan ukuran menurut panci magijar)
  3. Bersihkan Bawang Putih Tunggal atau Kating yang akan di fermentasi, pilih jangan sampai ada bawang yang busuk kemudian taruh separuh panci.
  4. Alasi dengan Tisu di atas bawang putih yang pertama lalu taruh lagi bawang putih berikut di atasnya jangan sampai penuh di bibir magijar / sisakan ruangan diatasnya. (Tisu berguna agar tidak terlalu banyak air sehingga tidak membuat bawang rusak)
  5. Setelah itu letakan lagi kain diatasnya
  6. Taruh panci magijar yang sudah siap pada magijarnya dan tutup lalu colokan listriknya
  7. Jangan lupa catat tanggal awal ketika mulai fermentasi kering ini
  8. Biasanya Bawang Hitam Akan Jadi dalam jangka waktu antara 10 – 14 hari. Dihari ke 4 jangan lupa di cek dengan di buka kalau perlu di balik atau rubah posisinya. Bawang Yang di bawah dipindah keatas dan yang di atas dipindah dibawah agar merata.
  9. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah suhu terlalu panas atau tidak, kalau terlalu panas biasanya bawang akan cepat mengering. Kalau suhunya pas silahkan tutup lagi dan di lanjut sampai hari yang terakhir.
  10. SELALU di cek agar tidak kebablasan sehingga bawang hitam jadinya rusak

Itulah pengalaman kami Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar . Setelah beberapa kali melakukan fermentasi bawang hitam saya yakin anda akan terbiasa dan hapal tentang karakreristik pengopenan ini. Setiap magijar yang di pakai tentu akan menghasilkan yang berbeda beda karena suhunya tentu setiap magijar berbeda.

Didalam pembuatan bawang hitam ini tentu memerlukan sumber daya yang tidak sedikit, misal listrik tentu akan memerlukan listrik yang lumayan karena magijar di tuntut hidup terus dalam waktu lama. Ruangan atau Rumah anda tentu anda harus rela menimbulkan aroma yang khas, kecuali anda sediakan ruangan khusus untuk fermentasi bawang hitam. Resiko gagal tentu saja ada walaupun banyak video di youtube yang mengatakan gampang :-).

Saran kami kalau sekedar mengkonsumsi sedikit alangkah bijaknya anda beli saja di penjual bawang hitam, kalau di hitung hitung dengan proses dan waktunya tentu lebih enak langsung beli. Kecuali jika anda membuat ini untuk di konsumsi seluruh keluarga atau untuk dijual. Kalaupun dijual anda tentu harus menguasai marketingnya agar bawang hitam cepat laku. Jadi keputusan di tangan anda, perhitungan yang matang memang perlu agar semuanya tidak rugi.

Membeli bawang hitam pun harus jeli, karena ada Bawang Hitam yang tidak memenuhi Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar. Biasanya waktunya dipercepat seperti yang di sebutkan di awal artikel ini. Tujuannya agar cepat putarannya dan cepat menghasilkan serta memperkecil kegagalan produksi. Namun dengan begini pembeli akan sangat dirugikan karena tidak mendapatkan Manfaat Bawang Hitam seperti yang diharapkan. Biasanya ada harga ada kualitas.

Biasanya Harga Bawang Hitam 1kg untuk yang Bawang Hitam Tunggal atau Bawang Hitam Lanang kisaran 450 – 550ribu , dan Bawang Hitam Kating Kisaran 260 – 295ribu sesuai harga bahan baku pada saat itu. Lebih jelasnya bisa anda tanyakan langsung ke penjual bawang hitam.

Demikian Sekilas tentang Cara Membuat Bawang Hitam Yang Benar, Semoga bisa membantu anda dan bermanfaat selalu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *