bawang hitam

Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi di Rumah – by Black Garlic Dahzat

Black Garlic
Black Garlic

Tekanan darah tinggi sudah menjadi momok yang ditakuti masyarakat. Bahaya yang ditimbulkannya yaitu serangan jantung, stroke, sampai kematian. Namun sebenarnya masyarakat tidak perlu begitu khawatir, karena ada beberapa cara atasi tekanan darah tinggi yang bisa dicoba di rumah. Beberapa dari cara tersebutpun mudah dan murah untuk dilakukan. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan:

Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

  1. Daun Alpukat

Di dalam daun alpukat terkandung sebuah senyawa yang sangat penting bernama flavonoid. Flavonoid tersebut berfungsi dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Cara mengonsumsinya juga cukup mudah, yaitu siapkan daun alpukat yang sudah tua sebanyak empat sampai lima lembar lalu cuci sampai bersih.

Kemudian didihkan segelas air putih. Selanjutnya masukan daun alpukat ke dalamnya. Untuk menanggulangi rasa pahit daun alpukat, masukkan gula batu secukupnya. Masak selama tiga menit. Setelah masak, dinginkan lalu disaring. Minum ramuan tersebut sehari sekali secara rutin.

  1. Daun Pegagan

Cara atasi tekanan darah tinggi lainnya yaitu dengan mengonsumsi daun pegagan. Daun yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini memiliki banyak fungsi yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya yaitu untuk memperlancar sirkulasi darah. Dengan demikian, daun pegagan bisa juga digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi yang diakibatkan saluran pembuluh darahnya yang tersumbat. Cara mengonsumsinya bisa dimakan langsung layaknya lalapan, bisa juga diracik sebagai teh.

Caranya yaitu rebus 20 lembar daun pegagan dengan tiga gelas air, tunggu sampai mendidih dan air yang tersisa sekitar dua seperempat gelas. Saring ramuan tersebut dari ampasnya. Kemudian minum tiga kali sehari secara teratur, setiap kali minum yaitu sebanyak seperempat gelas saja.

  1. Bunga Matahari

Siapa sangka bunga matahari yang indah bisa menjadi salah satu cara atasi tekanan darah tinggi? Namun, hal tersebut benar adanya. Kandungan magnesium dan pitosterol dalam bunga mataharilah yang membuatnya bisa menjadi obat hipertensi. Jangan konsumsi bunga matahari dalam bentuk kuaci yang dijual bebas di pasaran, karena kuaci tersebut sudah diolah dan dilumuri dengan garam.

Perlu diingat bahwa garam adalah salah satu penyebab terjadinya hipertensi. Lalu, cara mengonsumsi bunga matahari untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi yaitu dengan menjadikannya minyak biji bunga matahari atau dikeringkan sendiri menjadi kuaci tanpa garam.

  1. Sarang Semut

Sarang semut ternyata mengandung berbagai macam zat yang sangat berguna. Dua diantaranya yaitu tokoferol dan flavonoid. Kedua zat tersebut berfungsi untuk mengencerkan atau mencegah gumpalan pada darah, sehingga zat tersebut bisa digunakan sebagai salah satu cara atasi tekanan darah tinggi.

Cara mengonsumsinya yaitu dengan meminum ekstraknya. Pertama, cuci bersih sarang semut. Kemudian dipotong-potong, lalu direbus dengan air. Minum ramuan tersebut tiga kali dalam sehari.

  1. Mahkota Dewa

Dalam mahkota dewa terdapat beberapa zat aktif yang berguna dalam menurunkan darah tinggi, yaitu saponin dan flavonoid. Untuk mendapatkan fungsinya, jangan konsumsi buah tersebut secara langsung. Hal ini karena mahkota dewa yang mentah bisa berbahaya dan menjadi racun untuk tubuh.

Salah satu cara mengonsumsi mahkota dewa secara benar yaitu sebagai berikut: potong-potong buah tersebut, kemudian keringkan. Lalu rebus mahkota dewa yang sudah kering dengan dua gelas air. Didihkan, tunggu sampai tersisa sekitar satu gelas. Setelah jadi, minumlah ramuan tersebut dua kali sehari: pagi dan petang. Konsumsi mahkota dewa sebagai cara atasi tekanan darah tinggi perlu dihentikan ketika tekanan sudah normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *