cara konsumsi bawang hitam

Bawang Putih Hitam Lebih Baik Beli Atau Bikin Sendiri

BAWANG PUTIH HITAM APAKAH ANDA SUDAH MENGETAHUINYA? SERTA APA MANFAAT BAWANG HITAM ?

Bawang Putih Hitam

Dari Judul diatas Bawang Putih Hitam Lebih Baik Beli Atau Bikin Sendiri? Maka Langsung Saja di Paragrap atas kita bahas tentang itu. Terserah anda mau beli atau bikin sendiri NAMUN perlu kami sampaikan, pembuatan bawang hitam diawal awal proses akan membuat ruangan menimbulkan bau bawang yang menyengat dari uap yang di hasilkan oleh proses fermentasi ini.

Kami sampaikan Cara Membuat Bawang Hitam ini juga perlu anda pertimbangkan tentang waktu prosesnya yang lama, belum lagi memakan biaya Listrik PLN nya ditambah lagi Kegagalannya. Kalau memang anda hanya membutuhkan untuk di konsumsi sedikit alangkah baiknya anda membeli dipenjual bawang hitam. Terkadang orang juga tidak mau Ribet dalam proses pembuatannya sehingga memilih untuk membeli saja.

Beda lagi kalau anda mengetahui cara pemasarannya sehingga tertarik untuk menjual Bawang Hitam sehingga artikel Cara Membuat Bawang Hitam ini bisa anda pakai sebagai referensi. Kalau untuk konsumsi sendiri dan anda buat saya rasa kebanyakan dan belum lagi prosesnya yang lama serta biaya Listrik PLN.

Alangkah baiknya juga jika tujuan mengkonsumsi bawang hitam ini untuk kesembuhan, Anda membeli ke penjual Bawang Hitam. Dengan membeli maka anda niatkan juga untuk berbagi rezeki kepada orang lain, sehingga niat amal anda ini mempunyai nilai tersendiri juga untuk kesembuhan, Bisa Jadi 🙂

Bawang Hitam atau Black Garlic

Hai hai saat kalian membuka artikel ini pasti bertanya-tanya juga emang ada ya Bawang Putih Hitam itu? Lah gimana ceritanya bisa hitam kan bawang cuma ada 2 yakni bawang merah dan bawang putih doang. Biar ngga penasaran oke mari kita kupas satu persatu ya guys…….

Apakah Ada Bawang Hitam ?

Jawabannya tentu ada. Karena selain di Indonesia, Bawang Putih Hitam ini juga sudah terkenal loh, seperti di Thailand Bawang Hitam ini sudah menjadi resep turun-temurun bagi resep kesehatan. Di Amerika Serikat, Black Garlic ini juga menjadi bahan tambahan pada masakan.

Asal Bawang Hitam

Bawang Putih Hitam

Nah, Bawang Putih Hitam itu guys berasal dari hasil fermentasi bawang putih tunggal yang difermentasi pada suhu cukup tinggi sekitar 60-80 derajat celcisus dengan kelembapan 70-90% dengan waktu yang cukup lama yakni 10-40 hari.

Nah hasil dari fermentasi ini akan mengubah warna dari bawang yang awalnya berwarna putih menjadi hitam dan juga mengubah zat kimia yang terkandung dalam bawang putih tersebut sehingga aromanya pun berkurang.

Selama proses pemanasan, senyawa tidak stabil dan tidak berbau sedap di bawang putih dibuah menjadi senyawa stabil dan tidak berbau. Bawang putih bisa menjadi bawnag hitam jika mengalami reaksi Mailard. Nah sampai sini faham ya guys? Hehe gak bertanya-tanya lagi kan yaa…

Jurnal Penelitian Black Garlic

Kenedy, Ikhlas Nurjaman (2018) dalam penelitiannya yang berjudul “Pengaruh Suhu dan Lama Fermentasi pada Pembuatan Black Garlic terhadap Aktivitas Antibakteri” menyatakan bahwa semakin lama proses fermentasi dan juga semakin tinggi suhu fermentasi dapat berpengaruh terhadap aktivitas antibakteri Escherichia Coli sehingga menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Kandungan Bawang Hitam

Meskipun dari tampilan memang tidak menarik, tapi jangan meremehkan, bawang ini memiliki kandungan khasiat yang tidak kalah dengan bawang putih.

Bawang Hitam ini mengandung antioksidan dua kali lebih banyak dari bawang putih mentah dan juga memiliki S-Allycyteine yakni senyawa alami yang terbukti dapat mencegah kanker.

Black Garlic ini juga memiliki kandungan karbohidrat, berbagai asam amino dan turunannya (Leusin, Isoleusin, Fenilalalin, Tirosin, SAC), senyawa fitokimia (Polifenol dan Flavonoid).

Rasa Bawang Hitam

Bagaimana Rasa Bawang Hitam ?

Pasti kalian juga bertanya-tanya gimana ya rasanya Bawang Hitam itu, masa rasa gosong. Noo!!! salah besar jika kalian berfikiran seperti itu. Karena diluar dugaan dong rasa Black Garlic  ini sedikit manis, memiliki tekstur lembut, gurih dan juga kenyal. Semacam jajan jajan gitu hehe

Kegunaan Bawang Hitam

Walaupun ada proses fermentasi selama kurang lebih satu bulan, bukan berarti Bawang Hitam ini menjadi tidak sehat, justru banyak sekali manfaat yang didapat dari Bawang Putih Hitam ini. Lalu apa saja sih kegunaan ataupun manfaat Bawang Hitam ini. Oke kita akan bahas satu-persatu dibagian bawah ini ya guys..

Apa Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan ?

Berikut Ini 15 Manfaat Bawang Putih Hitam :

Manfaat Bawang Hitam Untuk Pria

  • Mengatasi ej4kul4si Dini

Para pria yang tidak mampu menahan ej4kul4si dalam waktu lama dapat disebut ej4kul4si dini. Tak ada habisnya, kandungan allicin pada Bawang Hitam membantu melancarkan peredaran darah ke organ s3ksu4l. Selain itu, dapat membangkitkan hormone testosterone yang dapat meningkatkan peforma saat melakukan hubungan s3ksu4l

  • Meningkatkan L1bido

Bawang Putih Hitam memiliki senyawa yang berfungsi sebagai afrodisiak. Nah afrodisiak ini adalah kategori makanan/minuman yang dapat meningkatkan gairah s3ksu4l bagi orang yang mengkonsumsinya. Sehingga Bawang Hitam ini sangat baik untuk pria.

  • Mengatasi Impot3nsi

Salah satu kandungan yang ada pada Bawang Hitam yakni senyawa allicin mampu mengatasi permasalahan impot3n atau lemah sy4hwat. Senyawa ini yang befungsi sebagai afrodisiak dan dapat membangkitkan hormone s3rotonin yang akan memicu gairah berhubungan.

Manfaat Bawang Hitam Untuk wanita

Manfaat Bawang Hitam Untuk wanita

Para wanita tentunya mengeluhkan berbagai macam masalah kecantikan, kesehatan bahkan perihal berat badan. Nah Bawang Hitam ini hadir diantara kita semua untuk menjawab semua keluhan para wanita tentunya.

Bawang Putih Hitam sangaaat banyak sekali manfaat dan khasiatnya, diantaranya dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini, mencegah k4nker serviks, sebagai pencegah jerawat yang meradang, menghilangkan flek hitam dan tentunya Bawang Hitam ini juga dapat digunakan untuk mengurangi lemak dengan kata lain dapat digunakan untuk program diet.

Bawang Hitam sebagai sumber antioksidan

Bawang Hitam sebagai sumber antioksidan

Dalam Black Garlic juga terdapat kandungan antiiflamasi yang jika orang mengonsumsinya minim mengalami peradangan. Disisi lain Bawang Putih Hitam ini juga memiliki kandungan antibakteri yang berarti jika kalian mengalami luka luar, infeksi akan susah terjadi jika kalian rutin mengonsumsi Bawang Hitam ini.

Manfaat Bawang Hitam untuk kecantikan

Manfaat Bawang Hitam untuk kecantikan

Black Garlic ternyata juga bisa digunakan untuk dunia kecantikan loh guys. Hal ini sudah digunakan sejak lama di berbagai Negara seperti China, Jepang dan juga Korea Selatan. Bawang Hitam ini dapat digunakan sebagai penghilang komedo, pencegah jerawat, mencegah penuaan dini, menghilangkan bekas luka, menghilangkan kandungan merkuri berbahaya. Yaps itu semua dapat diatasi karena terdapat kandungan antioksidan dan juga minyak atsiri, Vitamin A yang juga bersifat anti-inflamasi dan antibacterial.

Manfaat Bawang Hitam untuk diabetes

Manfaat Bawang Hitam untuk diabetes

Didalam Black Garlic ini terdapat kandungan Allicin yang dipercaya dapat menjadi anti-diabetes. Allicin ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Juga Bawang Hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai penurunan risiko diabetes dan juga membantu mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit tersebut.

Manfaat Bawang Putih Untuk Flek Hitam di Wajah

Manfaat Bawang Putih Untuk Flek Hitam di Wajah

Ternyata bawang putih bisa digunakan untuk menyamarkan bahkan menghilangkan flek hitam di wajah loh guys. Terdapat kandungan zat besi, kalsium, karbohidrat dan Vitamin C didalamnya yang sangat berkhasiat. Memang membutuhkan waktu agak lama, namun jika kalian rutin menggunakan bawang putih yang telah dihaluskan ini hasilnya akan lebih maksimal.

Bawang Hitam Untuk Kolesterol

Bawang Hitam Untuk Kolesterol

Kolesterol sebenarnya baik untuk ntubuh, namun jika kadar kolesterol terlalu tinggi juga bisa membahayakan kesehatan tubuh. Tetapi tidak usah khawatir lagi, Karena Black Garlic ini menjadi salah satu obat yang sangat mujarab untuk penderita kolesterol.

Bawang Putih Hitam Untuk Maag

Bawang Putih Hitam Untuk Maag

Bawang Hitam ternyata juga sudah dipercaya diberbagai Negara untuk mengatasi maag ringan hingga maag kronis. Kandungan antioksidannya juga dapat menangkal bakteri maupun virus yang mengganggu lambung. Memang tidak langsung sembuh dengan sekali pengonsumsian, namun jika kalian rutin akan menyembuhkan penyakit maag ini.

Manfaat Bawang Hitam Untuk J4ntung

Manfaat Bawang Hitam Untuk Jantung

Bawang Hitam juga memiliki peran penting terhadap jantung. Bawang Putih Hitam memiliki zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah. Kadar kolesterol LDL yang rendah bisa meningkatkan kesehatan j4ntung.

Bawang Hitam Untuk Asam Urat

Bawang Hitam Untuk Asam Urat

Sering kali asam urat menyerang secara tiba-tiba dan tentunya untuk penanganan pertama tidak mungkin langsung dibawa ke dokter kan. Nah maka dari itu ada penanganan herbal yang bisa menggunakan Bawang Hitam ini yang tentunya mudah dijumpai di dunia perbumbuan di rumah.

Black Garlic ini memiliki kandungan antioksidan yang befungsi dapat melindungi persendian seseorang. Kandungan antioksidan ini bisa mencegah radikal bebas dan oksidasi yang bisa menyebabkan radang pada sendi yang sakitnya luar biasa.

Manfaat Bawang Hitam Dan Madu

Manfaat Bawang Hitam Dan Madu

Dengan kandungan yang begitu banyak manfatanya Bawang Hitam juga memiliki khasiat yang sangat ampuh jika digabungkan dengan madu. Diantaranya dapat cepat mengobati kolesterol, membantu mengobatan sakit kanker dan jantung, sebagai obat asam urat, mengontrol tekanan darah, menurunkan berat badan, memperbaik sirkulasi darah, meningkatkan stamina.

Tidak hanya itu, ternyata campuran Bawang Hitam dan juga madu bisa digunakan untuk olesan kue, steak daging dan juga makanan lainnya untuk menambah kelezatan.

Manfaat Bawang Hitam Untuk Asam Lambung

Manfaat Bawang Hitam Untuk Asam Lambung

Asam lambung sering sekali datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh kesalahan dalam pola makan. Didalam Bawang Hitam ini memiliki kandungan anti inflamasi yang bermanfaat bisa meredakan nyeri dan juga peradangan. Sehingga sangat baik penggunaan Black Garlic ini untuk pengguna asam lambung.

Bawang Hitam Untuk Darah Tinggi / Hipertensi

Bawang Hitam Untuk Darah Tinggi

Black Garlic ini juga bisa mengatasi darah tinggi loh dan menormalkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan organosulfur yang mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat mengalir lebih lancar dan juga tidak menekan dinding arteri.

Manfaat Bawang Putih Hitam Untuk Stroke

Manfaat Bawang Putih Hitam Untuk Stroke

Kandungan antioksidan dan juga antibakteri yang ada dalam Black Garlic ini juga dapat mengatasi penyakit stroke. Bawang Hitam ini juga berisi senyawa antikoagulan yang berfungsi sebagai pencegahan stroke karena dapat melancaran peredaran darah dan juga mengontrol tekanan darah tinggi.

Khasiat Bawang Hitam Untuk Kejantanan

Khasiat Bawang Hitam Untuk Kejantanan

Tidak hanya sebagai mengatasi masalah kesehatan saja, namun Black Garlic ini mampu untuk meningkatkan kejantanan pria, sehingga tidak heran jika melihat sejumlah pria yang memakan Bawang Hitam mentah-mentah sebagai suplemen khusus saat akan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Terdapat beberapa khasiat Bawang Hitam untuk k3jantanan pria diantaranya untuk menjaga kesehatan prost4t pria dewasa, meningkatkan gairah s3ks, meningkatkan stamina tubuh, mengatasi bau badan.

Bolehkah Ibu Menyusui makan Bawang Hitam ?

Bolehkah Ibu Menyusui makan Bawang Hitam ?

Jawabannya sangaaat aman kokk. Karena didalam Black Garlic terdapat kandungan galactagogue dan juga allicin yang sejak dulu digunakan sebagai obat untuk merangsang produksi ASI sehingga dapat menghasilkan ASI yang lebih banyak. Tapi dengan catatan, asal si bayi tidak menunjukkan adanya reaksi alergi, jika terdapat alergi maka lebih baik dihentikan saja.

Cara Membuat Bawang Hitam

Bawang Putih HitamCara Membuat Bawang Hitam Yang Benar

Cara membuat Black Garlic ini cukup simple dan mudah banget diaplikasikan kok guys. Pertama cara fermentasinya yaitu dengan memasukkan bawang putih pada mangkuk stainless dan ditutup dengan kertas alumunim foil.

Lalu masukkan mangkuk ini ke dalam oven yang memiliki suhu 30-40 derajat celcius selama 40 – 90 hari.

Sebenarnya bisa saja proses fermentasi ini dilakukan dalam jangka waktu 40 hari, namun hasil akan berbeda dengan yang di fermentasi selama 90 hari. Ohiya jangan lupa melakukan pengecekan setiap 4-5 hari sekali ya guys untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Bawang  Hitam Yang Gagal

Bawang Hitam Gagal

Tidak semua orang bisa langsung berhasil dalam mengolah fermentasi Bawang Hitam ini. Tentu ada yang gagal dan mengakibatkan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu bagaimanakah cirri-ciri Black Garlic yang gagal itu.

Baikk kita akan beberkan ciri-cirinya. Yang pertama warna dari bawang tidak menjadi hitam dan juga tidak menjadi putih jadi kayak kuning gitu guys. Lalu untuk tekstur menjadi berlendir dan sedikit bau.

Cara Konsumsi Bawang  Hitam

Cara Konsumsi Bawang  Hitam

Aturan Makan Bawang Hitam

Untuk mendapatkan manfaat Bawang Hitam sesuai dengan yang diinginkan maka harus memperhatikan dosis-dosis tertentu. Diantaranya :

  • Untuk Penyembuhan Penyakit

Mengkonsumsi 2 butir Bawang Putih Hitam sebanyak 3x sehari. Dikonsumsi setelah makan agar tidak merusah sistem pencernaan.

  • Untuk Menjaga Kesehatan

Mengkonsumsi 3 butir Bawang Putih Hitam dalam sehari yakni pagi, siang maupun sore. Namun jika ingin mendapatkan stamina tambahan lebih baik dikonsumsi pagi hari

  • Untuk Program Diet

Untuk memenuhi program diet kalian bisa mengonsumsi 3x sehari sebanyak 2 butir untuk tiap kali konsumsi.

Cara Menyimpan Bawang Hitam

Cara Menyimpan Bawang Hitam

  • Simpan dalam tempat tertutup
  • Simpan dalam tempat yang sejuk
  • Jauhkan dari daerah yang lembab
  • Hindari cahaya matahari secara langsung

Harga Bawang  Hitam

Harga Bawang Hitam

Harga Bawang Hitam per ons

Harga Bawang Putih Hitam ini memang terbilang cukup mahal karena seimbang dengan berbagai manfaat dan melalui proses fermentasi yang panjang. Juga belum banyak ditemui dipasaran karena minimnya produser Bawang Putih Hitam ini. Harga per ons Bawang Putih Hitam yakni Rp. 35.000

Harga Bawang Hitam 1kg

Harga Bawang Putih Hitam ini memang terbilang cukup mahal karena seimbang dengan berbagai manfaat dan melalui proses fermentasi yang panjang. Juga belum banyak ditemui dipasaran karena minimnya produser Bawang Putih Hitam ini. Harga per kg Bawang Putih Hitam yang paliing murah yakni Rp. 250.000

Dimana Jual Bawang Hitam Dahzat dan Beli Black Garlic Dahzat?

Nah karena minimnya produser Bawang Hitam disekitaran kita, maka tidak banyak dan tidak mudah Bawang Hitam ditemui disekitaran kita. Namun ada produsen yang sudah terpercaya dan jujur sejak dahulu mengawali Jual Bawang Hitam dengan merk DAHZAT. Oleh karena itu kalian dapat membeli Bawang Hitam melalui Link WA ini ==> KLIK DISINI Anda akan mengarah ke Chat WA Langsung atau jika ingin menyimpan nomornya silahkan di Nomor 0823-3313-7860 atau 0813-3144-5889

Facebook Comments