Bahaya-Nyeri-Haid-Bagi-Kesehatan

Bahaya Nyeri Haid Bagi Kesehatan

Bahaya-Nyeri-Haid-Bagi-KesehatanSering kali wanita yang sedang mengalamai menstruasi di awal mengalami nyeri pada bagian bawah perut. Tentunya nyeri tersebut tidak semua wanita mengalaminya. Ada yang nyeri hingga membuat tidak bisa beraktivitas dengan bebas. Hal tersebut juga membuat nafsu makan menjadi berkurang. Tidak hanya itu saja nyeri haid ini sangat menggangu sekali, ketika menyerang dengan hebat akan membuat badan jadi tidak nyaman, kepala pusing serta ingin tiduran untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Bagi sebagian wanita nyeri haid yang terjadi muncul dengan rasa yang tidak sakit namun ada pula yang begitu hebat hingga membuat pingsan. Istilah medis sakit perut saat haid adalah dismenore. Secara garis besar dismenore dibagi menjadi dua, yaitu primer dan skunder:

  • Dismenore primer yaitu nyeri haid yang sudah dialami pada saat seorang wanita mulai haid, biasanya ini merupakan kondisi yang normal.
  • Dismenore skunder yaitu sakit saat haid muncul pada periode menstruasi yang ke sekian kali, padahal periode haid sebelum-sebelumnya tidak pernah mengalaminya. Kondisi ini biasanya juga mempengaruhi rahim atau organ panggul lainnya yang juga dirasa sakit.

Pada wanita yang masuk ke dalam kategori dismenore primer mungkin hal ini tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi. Namun terdapat beberapa penyebab nyeri ketika haid seperti di bawah ini :

  • Usia di bawah 20 tahun
  • Riwayat keluarga dismenore
  • obesitas
  • Perokok
  • Pendarahan yang banyak ketika haid
  • Siklus menstruasi yang berubah-ubah atau tidak teratur
  • Belum pernah melahirkan
  • Pubertas dini yaitu mengalami menstruasi sebelum usia 11 tahun

Selain itu juga terdapat dorongan dari zat hormone yakni prostaglandin yang memicu kontraksi otot rahim untuk membantu mengeluarkan darah menstruasi setiap bulannya. Kontraksi yang dipicu oleh dorongan tersebut akan mengakibatkan nyeri pada perut saat haid. Namun kadar sakitnya biasa atau parah tergantung dengan kondisi prostaglandin-nya tinggi atau tidak. ada pula yang lebih berat dari sekedar nyeri yaitu mayo clinic.

Gangguan dismenore skunder ini dapat berupa :

  1. Endometriosis

Hal ini akan terjadi ketika sel-sel yang menyelubungi Rahim mulai tumbuh di luar Rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Tidak jarang jika wanita akan mengalami sakit yang hebat jika sel ini meluruh.

  1. Radang panggul

Adanya infeksi yang terjadi pada ovarium, rahim, dan tuba falopi.

  1. Adenomiosis

Tumbuhnya jaringan paling dalam yang terdapat pada Rahim. Hal tersebut akan berefek nyeri pada perut ketika haid.

  1. Fibroid

Pertumbuhan yang bukan termasuk kanker pada dinding Rahim. Fibroid ini dapat terjadi dengan berbagai ukuran hingga paling besar seperti biji semangka.

  1. Intrauterine device (IUD)

Kontrasepsi yang ditempatkan dalam Rahim ini juga akan memberikan efek nyeri ketika haid. Hal ini berlaku bagi wanita yang sudah melahirkan. Biasanya hal tersebut terjadi ketika masa awal pemasangan.

  1. Stenosis leher rahim

Pembukaan pada leher rahim bagi beberapa wanita sangat kecil, sehingga membatasi aliran darah untuk keluar saat haid. Kondisi ini menyebabkan tekanan pada rahim yang mengakibatkan nyeri.

  1. Keputihan berlebih

Keputihan yang tidak normal juga mengakibatkan nyeri pada perut ketika haid.

  1. Menstruasi yang tidak teratur

Wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur ini juga mengakibatkan nyeri ketika haid.

  1. Pendarahan di antara masa menstruasi
  2. Terdapat nyeri ketika berhubungan seksual

Ternyata penyebab nyeri hadi sungguh banyak sekali dan tentunya tidak boleh disepelekan begitu saja. Jika anda mengalaminya hingga membuat aktivitas anada terganggu sangat penting sekali untuk diperiksakan ke dokter. Segeralah untuk periksa ke dokter jika nyeri perut anda ketika haid berakibat hingga membuat demam, pendarahan yang berlebihan, periode menstruasi yang lebih lama daripada biasanya dan terasa nyri di panggul. Hal ini untuk mengetahui lebih dini apa penyebab nyeri ketika haid. Mengetahui berbagai macam penyebab di atas jika hal tersebut sudah mengalami hal yang parah tentunya sangat disayangkan bukan, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah dan tentunya anda dapat melakukannya sendiri untuk membantu mengurangi rasa sakit. Cara ini hanya berfungsi untuk meredakan nyeri haid, bukan untuk menyembuhkan sepenuhnya.

  1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga adalah sebuah lifestyle yang dilakukan untuk menjadi kesehatan tubuh. Ternyata melakukan olahraga sederhana, tapi tidak terlalu memaksakan diri bisa membantu mengurangi nyeri haid yang terjadi. Kegiatan seperti berenang, berjalan, atau bersepeda bisa dilakukan, meski dalam tingkatan rendah.

  1. Panas

Botol berisi air hangat yang dikompreskan ke daerah perut yang sakit bisa membantu mengurangi rasa sakit.

  1. Mandi air hangat

Cari ini bisa mengurangi rasa nyeri dan juga membuat kita merasa santai.

  1. Menghindari merokok dan mengonsumsi minuman keras

Kegiatan ini dianggap bisa meningkatkan risiko Anda mengalami nyeri haid.

  1. Kegiatan relaksasi

Pijatan kecil di sekitar perut juga bisa membantu meredakan rasa nyeri yang muncul. Selain itu, Anda bisa mencoba kegiatan ringan namun bermanfaat seperti yoga dan pilates untuk membantu mengalihkan perhatian dari rasa sakit.

  1. Suplemen makanan

Menurut studi, vitamin E, asam lemak omega 3, vitamin B1, vitamin B6, dan magnesium bisa meredakan nyeri haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *