Bahaya Minum Sambil Berdiri

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Bahaya Minum Sambil Berdiri
Bahaya Minum Sambil Berdiri

Ketahuilah untuk kalian semua bahwa kebiasaan minum sambil berdiri ternyata berefek negatif pada tubuh kita. sepertinya kebiasaan ini bisa dibilang sepele namun, jika kita memperhatikan sebenarnya banyak efek yang akan kita terima di tubuh kita. Pernahkah kalian merasakan haus yang tidak henti-hentinya ketika kita minum sambil berdiri. Hal itu merupakan salah satu efek ketika kita minum sambil berdiri.

Selain minum sambil berdiri tidak baik untuk kesehatan, pada kebiasaan tersebut juga menunjukkan bentuk sikap yang kurang sopan. Jika kita melihat orang yang terbiasa minum sambil berdiri tak jarang bukan hati kita berkata “uh gak sopan banget sih” seperti halnya itu kita juga harus menjaga etika ketika minum. Bagi kalian yang sudah terbiasa minum sambil berdiri cobalah untuk merubah kebiasaan tersebut untuk minum sambil duduk terlebih dahulu. Bagaimanapun kondisi kita usahakan untuk minum tidak sambil berdiri supaya kesehatan kita tetap terjaga. Apa saja efek jika kita minum sambil berdiri kali ini akan dikupas secara detail dibawah ini.

  1. Haus yang tidak ada habisnya

Percaya atau tidak akan hal tersebut sudah banyak buktinya bahwa minum sambil berdiri akan membuat kita justru akan semakin haus. Apalagi ketika kondisi cuaca begitu terik, mungkin sekali terjadi kita akan minum ber botol-botol tanpa henti untuk menghilangkan dahaga yang tak kunjung selasai. Tahukah kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Sebab pada tubuh kita tentunya terdapat saluran-saluran yang sudah dibuat sedemikian sempurna oleh Tuhan. Namun, jika kita melakukan  sebuah kecerobohan tentunya jalan pencernaan akan terganggu seperti minum air sambil berdiri maka jatuhnya air tidaklah pada saluran yang semestinya malah yang terjadi akan masuk ke dalam beberapa saluran.

  1. Beresiko untuk kesehatan jantung

Ternyata minum sambil berdiri juga beresiko untuk terkena penyakit jantung. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ya sebab terdapat saraf kelana akan merefleksi secara tiba-tiba dan berakibat menegangya saraf tersebut. Saraf kelana adalah saraf yang tersebar pada lapisan endotel yang hampir mengelilingi usus besar dan usus besar.

Selain itu, sistem urat saraf simpatik akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan.Nah, saraf kelana dan saraf simpatik adalah sistem saraf yang berhubungan dengan jantung. Jika kedua saraf ini berefleksi, maka akan berpengaruh juga terhadap detak jantung kita. menakutkan sekali jika kita masih sering melakukan kebiasaan tersebut.

  1. Menggangu kadar asam dalam tubuh

Kebiasaan yang baik adalah minum dilakukan secara perlahan serta duduk. Bukan di minum secara tergesa-gesa dan berdiri hal tersebut akan membawa efek-efek kecil yang kemudian berujung pada efek yang besar. Jika cara minum kita baik maka air pun akan masuk pada saluran yang benar, serta dapat membantu untuk mengencerkan kadar asam dalam tubuh sesuai kebutuhan.

  1. Ginjal terganggu

Di lihat dari posisi kita minum ternyata juga mempengaruhi bagaimana ginjal dapat menyerap air dengan baik pada tubuh kita. Kebiasaan minum sambil duduk dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, Sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak melewati proses penyaringan terlebih dahulu dijaringan ginjal. kemungkinan terburuk yang terjadi adalah penumpukan kotoran dalam saluran ureter pada ginjal serta akan mengakibatkan kandung kemih bermasalah serta organ ginjal yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

  1. Keseimbangan tubuh terganggu

Kebiasaan kita yang minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang dalam keadaan tegang tanpa kita sadari. Tahukah akibatnya, saraf-saraf tubuh akan pada posisi stress dan memicu munculnya tidak berjalannya saraf dengan baik. Ketidaknormalan fungsi saraf ini kemudian berpengaruh pada keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh kita.

  1. Terganggunya Lambung

Banyak orang yang sering mengeluhkan lambung karena salah makan atau makan terlambat. Selain itu lambung juga akan mengalami gangguan jika kita minum sambil berdiri. Sebab, lambung adalah bagian tubuh yang paling terkena dampaknya saat kita sering minum pada posisi berdiri. Tekanan air yang diminum saat berdiri mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung sehingga menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut kenaikan asam lambung.

Asam dalam lambung yang seharusnya bisa diencerkan justru akan tercampur naik sehingga memberikan sensasi panas di bagian perut. Kesengsaraan lambung akibat minum sambil berdiri juga termasuk dindingnya yang terkikis dan luka. Padahal, lambung merupakan bagian penting dalam pencernaan sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung, maka bisa berbahaya bagi sistem pencernaan lainnya.

Sudah tahu apa saja efek jika kita minum air sambil tidur. Ternyata sangat memiliki efek yang buruk untuk kesehatan kita. Mulai sekarang rubahlah kebiasaan- kebiasaan yang terdengar sepele itu menjadi kebiasaan yang baik. Tentunya semua perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kita. Sayangi tubuh kita dengan merubah kebiasaan buruk menjadi baik ya kawan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *